Text
Dampak Periklanan Terhadap Kehidupan Masyarakat
Haryo S. Martodirdjo, dkk.
BALAI KAJIAN SEJARAH DAN NILAI TRADISIONAL BANDUNG, 1997
Dampak Periklanan Terhadap Kehidupan Masyarakat
iii+82 hlm
A.63-.ORG
Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh iklan yang disampaikn kepada khalayak. Iklan menjadi sarana untuk memperkenalkan suatu produk kepada khalayak baik melalui media cetak maupun media elektronik. Meskipun disatu sisi iklan menjadi media informasi dari keberadaan suatu produk, disisi lain iklan juga memberikan pengaruh negatif seperti meningkatnya budaya konsumtif dan budaya komersial pada masayarakat. Kajian ini ngin menilai sejauh mana dampak iklan yang hadir dalam ruang publik terhadap dinamika sosial dan budaya di tengah masyarakat Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pengamatan, wawancara, pengumpulan dan pengolahan, serta penngunaan sumber-sumber sekunder dari beberapa buku yang terkait data. Tidak dapat dipungkiri kehadiran iklan bukan saja memberikan dampak bagi peningkatan penjulana suatu produk, namun juga memiliki dampak sosial dan budaya bagi masyarakat. Budaya konsumtif dan hedonis seakan hadir dan menjadi bagian dari masyarakat perkotaan saat ini. Iklan seakan menghipnotis dan “memaksa” masyarkat untuk mengkonsumsi produk yang ditampilkan, meskipun pemenuhan itu lebih sebgai keinginan daripada kebutuhan. Meskipun melalui ikla pula masyarakat dipekernalakn berbgai produk-produk modern dan praktis, namun tanpa edukasi yang jelas justru akan menghasilkan kegoncangan budaya yang terjadi pada masayarakat.
Perpustakaan BPNB Jawa Barat