Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.792 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Studi Konservasi Tentang Penanganan Pengelupasan Batuan Candi Borobudur | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Studi Konservasi Tentang Penanganan Pengelupasan Batuan Candi Borobudur


Faktor utama yang menyebabkan terjadinya pengelupasan, terutama pada dinding candi Borobudur akibat oleh adanya pemuaian dan pengkerutan yang berbeda antara mineral-mineral pembentuk batuan dengan endapan garam kalsit, serta disebabkan oleh adanya lapisan oker yang menutup permukaan batuan, terutama lapisan oker tipis.

Keberadaan lapisan oker maupun endapan garam kalsit yang sudah ada dipermukaan batu sampai saat ini belum ditemukan dalam metode untuk menghilangkan.

Pencegahan dengan bahan konservan Polivynil Acetat, Paraloid B 72, Euroland FK 20 dan EP-IS terhadap pengelupasan menunjukkan keefektifan, hanya pada permukaan batu menunjukkan dampak pewarnaan menjadi lebih gelap serta terdapat kilap.

Pada dasranya pengelupasan menyebabkan perubahan pada permukaan batu, baik terjadi perubahan warna batu maupun keausan, hal ini mengakibatkan pengurangan nilai arkeologi. Sehingga dengan demikian perlu segera penelitian lanjutan untuk memecahkan dalam menanggulangi terjadinya pengelupasan.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 541.3 ARI l
Publisher
magelang : Balai Studi Dan Konservasi Borobudur.,
Collation
14 hlm; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
541.3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment