Temukan koleksi favoritmu

tersedia 275.036 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Jenis Tanaman Pangan pada Relief Candi Borobudur | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Jenis Tanaman Pangan pada Relief Candi Borobudur


Jenis tanaman pangan yang terdapat pada relief Candi Borobudur terdiri dari dua jenis tanaman yaitu tanaman pertanian basah dan tanaman pertanian kering. Jenis tanaman pertanian basah yaitu tanaman padi, sedangkan jenis tanaman pertanian kering terdiri dari nangka, sukun, pisang, mangga, tebu, jagung, aren, dan jagung.

Relief tanaman pangan yang dimaksud adalah tanaman pangan yang dikonsumsi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik dimakan maupun diminum.

Masyarakat Jawa Kuno khususnya masyarakat pendukung candi Borobudur telah mempunyai kemampuan membudidayakan tanaman pangan. Hal ini ditunjang oleh data pada relief Candi Borobudur yang menggambarkan berbagai jenis tanaman pangan. Selain itu terdapat dua relief yang sedang melakukan aktivitas pertanian membajak dan membawa hasil panen. Petunjuk ini membuktikan bahwa masyarakat pendukung Candi Borobudur telah mengenal pertanian persawahan.

Berdasarkan tinjauan etnografis, diperoleh gambaran mengenai sistem pertanian basah dan kering yang terdiri dari beberapa tahap yaitu teknik pengolahan tanah, tahap penanaman dan pemeliharaan, tahap memanen dan mengolah hasil panen, dan upacara ritual untuk menunjang keberhasilan dari pertanian tersebut. Dari tinjauan etnografis tersebut diperoleh garis kesinambungan bahwa sistem pertanian baik secara basah maupun kering telah dilakukan oleh masyarakat Jawa Kuno, khususnya masyarakat pendukung candi Borobudur, dan berkelanjutan sampai pada masyarakat sekarang ini. Berdasarkan hal tersebut jenis tanaman pangan pada relief Candi Borobudur memberikan gambaran mengenai lingkungan di sekitar Borobudur.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 JEN j
Publisher
magelang : Balai Studi Dan Konservasi Borobudur.,
Collation
iii, 32 hlm ; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment