Temukan koleksi favoritmu

tersedia 275.163 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Kondisi Keterawatan Candi Arjuna Kompleks Percandian Dieng - Banjarnegara | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Kondisi Keterawatan Candi Arjuna Kompleks Percandian Dieng - Banjarnegara


Candi Arjuna sebagai salah satu candi yang berada di kompleks percandian Dieng saat ini mengalami kerusakan cukup serius yang dapat mengancam kelestarian benda cagar budaya yang terletak di dataran Dieng, kabupaten Banjarnegara tersebut. Candi Arjuna adalah salah satu daya tarik wisata yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya. Saat ini pada beberapa bagian dinding Candi Arjuna terdapat rongga karena adanya deformasi bangunan. Tanah dasar fondasi sekitar Candi Arjuna secara kasat mata terlihat labil. Sekitar kompleks percandian Dieng sejak beberapa tahun belakangan ini terjadi perubahan tata guna lahanyang sangat drastis. Lahan yang tadinya ditumbuhi tanaman keras sekarang berubah menjadi tanaman palawija khususnya sayur mayur seperti kentang.

Untuk mengetahui penyebab terjadinya deformasi bangunan dan tingkat keterawatan Candi Arjuna secara umum maka dilakukan observasi lapanan, pengambilan foto dan sampel, pemetaan menggunakan laser scanner photogrammetry, serta pengumpulan data lainnnya yang berhubungan dengan situs yang berlatar belakang agama Hindu tersebut.

Secara umum ternyata tingkat keterawatan Candi Arjuna tidak terlalu baik, ini terlihat dari populasi organisme, endapan garam, dan vandalisme pada permukaan batu serta deformasi bangunan. Sistem drainase situs dan lingkungan di sekitar kompleks percandian Dieng tidak berfungsi dengan baik sehingga aliran air tidak terkendali yang menyebabkan terganggunya stabilitas tanah dasar fondasi Candi Arjuna terutama tanah lapisan II yang merupakan tanah gambut. Karena terganggunya stabilitas lapisan tanah ini mengakibatkan terganggunyastabilitas tanah dan bangunan di atasnya termasuk Candi Arjuna yang mengakibatkan deformasi candi tersebut.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 LAP l
Publisher
magelang : Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.,
Collation
vii, 17 hlm; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment