Temukan koleksi favoritmu

tersedia 275.036 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Hasil Survai Konservasi Beberapa Peninggalan Purbakala Di Cirebon Kuningan | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Hasil Survai Konservasi Beberapa Peninggalan Purbakala Di Cirebon Kuningan


Melihat jenis dan tingkat kerusakan pada komponen kedua bangunan tersebut perlu segera diambil tindakan konservasi yang pada pokoknya dapat dibagi menjadi dua :
a. Konstruksi kayu asli = konstruksi ini sudah tidak berfungsi secara konstruktif. Namun demikian eksistensinya perlu dipertahankan karena mengandung nilai-nilai arkeologis, arsitektonis dan seni ukir yang sangat tinggi. Terdapat dua alternatif konservasi yang dapat diambil, yaitu dipindah ke museum dan direkonstruksi kembali setelah diawetkan atau diawetkan in situ. Ditinjau dari segi teknis dan juga pembiayaan, konservasi in situ masih lebih menguntungkan.
b. Konstruksi kayu baru = karena konstruksi ini masih berfungsi konstruktif, maka perlu diadakan perbaikan sehingga secara teknis kuat menahan beban serta keawetannya meningkat. Komponen-komponen kayu yang secara teknis sudah tidak memenuhi syarat, lebih baik diganti dengan yang baru. Seluruh konstruksi kayu ini perlu dilindungi agar tidak diserang oleh rayap ataupun bubuk.

Namun demikian sebelum konservasi secara menyeluruh dapat dilaksanakan beberapa tindakan penyelamatan sementara perlu dilaksanakan. Beberapa diantaranya yang sangat urgen adalah menghentikan serangan rayap, dan mengamankan bagian-bagian kayu yang sangat riskan. Terutama bagian-bagian kayu berukir yang tinggal fragmen dan sangat rapuh perlu diikat atau dibalut agar tidak hancur. Cara lain yang dapat ditempuh adalah konsolidasi bagian-bagian tersebut dengan menggunakan Polyvynyl acetat.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SAM l
Publisher
: .,
Collation
17 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment