Temukan koleksi favoritmu

tersedia 275.036 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Borobudur Sebuah Mandala? | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Borobudur Sebuah Mandala?


Belakangan ini banyak orang yang mempertanyakan apakah Candi Borobudur itu adalah sebuah mandala atau bukan, bahkan ada yang mengusulkan agar konsep mandala dijadikan acuan untuk melakukan pemintakan ulang Candi Borobudur. Dari uraian di pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa sebagai bangunan tiga dimensi yang berdiri sendiri Borobudur adalah sebuah mandala, sekaligus menjadi pusat dari sebuah mandala yang lebih besar.

Sebagai bangunan tunggal, mandala Borobudur adalah merupakan perpaduan antara garbhadhatu mandala dan vajradhatu mandala yang bisa dilihat dari bentuk teras lingkar yang berada pada tingkat arupadhatu. Tiga teras melingkar tersebut tidak seutuhnya berbentuk lingkaran tetapi agak lonjong karena para pendiri candi mengambil konsep garbhadhatu mandala yang berbentuk persegi kemudian ditransformasikan ke dalam konsep vajradhatu mandala yang berbentuk lingkaran. Selain itu, keberadaan arca dhiyani budha dengan simbol sikap tangan (mudra) yang merupakan doktrin dari vajradhatu mandala yang biasa disebut karma mandala.

Sebagai pusat dari suatu mandala besar, Candi Borobudur merupakan super struktur dari bangunan-bangunan yang ada di sekitarnya baik itu bangunan yang berlatar belakang agama Budha maupun bangunan yang berlatar belakang agama Hindu. Walaupun bangunan-bangunan tersebut didirikan oleh dua raja yang berlatar belakang agama yang berbeda tetapi kedua agama tersebut sama-sama mengenal adanya konsep mandala. Seperti pendapat Snodgrass yang mengatakan bahwa mandala adalah pusat sesuatu yang dikelilingi, maka jelas sekali terlihat kalau Candi Borobudur adalah pusat dari suatu mandala.

Berkaitan dengan usaha penataan ulang Borobudur menggunakan konsep mandala, hal itu tidak dapat dilakukan karena mandala sendiri adalah sesuatu yang sangat abstrak dan tidak mempunyai ukuran luas. Bagaimana sebuah konsep yang abstrak itu digunakan untuk membuat suatu mintakat (zona) yang mempunyai batasan sedangkan mandala sendiri tidak terbatas.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 TAU b
Publisher
magelang : Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.,
Collation
32 hlm ; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment