Temukan koleksi favoritmu

tersedia 275.163 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Pemugaran Kompleks Candi Prambanan | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Pemugaran Kompleks Candi Prambanan


Kompleks Candi Prambanan yang oleh penduduk setempat disebut Candi Roro Jonggrang terletak di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan ini dibangun di suatu dataran rendah di pinggir aliran sungai Opak. Secara keseluruhan kompleks percandian tersebut terdiri dari tiga halaman, yaitu halaman pusat (110 x 110 m), halaman tengah (222 x 222 m), dan halaman luar (390 x 390 m).

Di halaman tengah ditemukan 224 Candi Perwara yang disusun konsentris, terdiri dari empat deret dengan komposisi jumlah 68, 60, 52 dan 44 candi. Dari sejumlah 224 Candi Perwara tersebut baru dua buah candi yang berhasil dipugar, yaitu satu di sisi timur dan stu buah di timur laut, sedangkan sejumlah besar lainnya belum dipugar.

Di halaman pusat terdapat enam belas candi terdiri dari tiga Candi Utama (Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu), tiga Candi Wahana (Candi Nandi, Candi A, dan Candi B), dua Candi Apit, empat Candi Kelir dan empat Candi Sudut. Candi-Candi tersebut sudah berhasil dipugar semuanya. Pemugaran Candi Siwa diselesaikan pada tahun 1953, sedangkan Candi Brahma tahun 1987, dan Candi Wisnu tahun 1991, Candi Wahana, Candi Kelir beserta Candi Sudut pada tahun 1993


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SAN p
Publisher
: .,
Collation
16 hlm; 30cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment