Temukan koleksi favoritmu

tersedia 275.163 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Penelitian Arkeologi Situs Candi Umbul : Candi Umbul Kartoharjo Grabag Magelang | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Penelitian Arkeologi Situs Candi Umbul : Candi Umbul Kartoharjo Grabag Magelang


Situs Candi Umbul merupakan situs kepurbakalaan dari masa Indonesia Klasik. Pada situs ini dahulu berdiri candi yang diperkirakan berjumlah dua buah, hal ini dapat diamati pada sebagian komponen-komponen candi dan arca yang berpasangan. Selain candi, situs Candi Umbul ini juga terdapat sumber mata air yang sekarang dimanfaatkan untuk kolam pemandian. Kolam berjumlah 2 buah berbentuk empat persegi panjang. Bahan yang digunakan sebagai dinding kolam berasal dari komponen bangunan candi.

Latar belakang keagamaan candi adalah Hindu. Hal ini didasarkan atas temuan arca durga dan agastya yang memiliki sifat agama Hindu. Aliran Hinduisme tercermin pula dengan adanya miniatur candi.

Indikasi yang menunjukkan masa pendirian Candi Umbul adalah temuan miniatur candi. Adanya kesamaan profil candi yang lazim disebut proil Jawa Tengah merupakan petunjuk bahwa pertanggalan miniatur candi antara tahun 800-85- Masehi (abad IX Masehi).

Identifikasi sementara tentang batas situs adalah temuan struktur pagar yang berada kurang lebih 20 meter di sebelah timur kolam. Struktur tersebut berupa tatanan batu gundul yang membujur arah barat laut-tenggara.

Runtuhnya bangunan candi diakibatkan oleh bencana alam yang berupa gempa tektonik maupun vulkanik dan banjir. Dahsyatnya letusan gunung merapi yang terjadi pada tahun 1006 Masehi telah menghancurkan sendi kehidupan masyarakat Jawa Kuno termasuk hasil budayanya yang berupa bangunan candi. Candi Umbul berlokasi tidak jauh dengan candi-candi lainnnya di wilayah Kedu, Magelang. Wilayah yang dekat dengan Gunung Merapi tersebut mendapatkan dampak buruk dari letusan Gunung Merapi pada saat itu. Tidak hanya candi di wilayah Kedu, candi di wilayah Prambanan dan sekitarnya pun mengalami hal yang sama, yaitu hancur dan rusak akibat letusan Gunung Merapi. Selain akibat gempa dan letusan Gunung Merapi, runtuhnya Candi Umbul juga diakibatkan oleh banjir. Hal ini terbukti dengan temuan hasil ekskavasi yang berupa susunan komponen batu candi yang berada di atas batu gundul.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 PEN p
Publisher
Jawa Tengah : Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Prov Jawa Tengah.,
Collation
21 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment