Temukan koleksi favoritmu

tersedia 275.163 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Konservasi Batu Candi Borobudur Pascapemugaran | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Konservasi Batu Candi Borobudur Pascapemugaran


Penanganan konservasi batu Candi Borobduur pasca pemugaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk menghambat, mencegah dan mengatasi faktor perusak yang berasal dari luar maupun dari dalam. Kerusakan dan pelapukan batu candi sampai saat ini masih berlanjut dengan kualitas dan kuantitas yang jauh lebih rendah bila dibandingkan sebelum pemugaran, bahkan sebagian telah dapat diatasi meskipun sebagian yang lain belum teratasi. Agar perkembangan kerusakan dan penanganan konservasi batu candi dapat diikuti telah dibuat kartu perawatan pada tiap bidang candi.

Untuk penanganan konservasi batu Candi Borobudur dalam jangka panjang perlu diadakan studi konservasi yang khusus meneliti tentang pengembangan metode, dan bahan konservasi serta cara penanganan kerusakan/pelapukan batu yang sampai saat ini belum dapat diatasi dan bersifat mendesak.

Penelitian laboratorium untuk menunjang kegiatan konservasi perlu didukung dana dan peralatan memadai serta sumber daya manusia yang berkualitas sehingga hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Selain itu agar tujuan tersebut dapat tercapai perlu adanya kerjasama dalam institusi yang bertaraf internasional dalam bidang konsrevasi. Langkah ini dalam tahap awal dapat berupa tukar menukar informasi dan selanjutnya pengiriman kader-kader untuk belajar di luar negeri atau sebaliknya mendatangkan tenaga ahli ke Indonesia


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 MUN l
Publisher
magelang : .,
Collation
16 hlm; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment