Temukan koleksi favoritmu

tersedia 277.273 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Budaya Organisasi : Perspektif Administrasi Publik | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Printed Book

Budaya Organisasi : Perspektif Administrasi Publik


"Buku ini memberikan terobosan baru untuk memanage organisasi dan juga untuk memecahkan masalah dengan berbagai solusi dan strategi yang dapat memandu pemikiran kita ke arah kemajuan, keberartian, kebermanfaatan dan kemampuan organisasi dalam merespon lingkungan internal dan eksternal organisasi yang dinamis

Ringkasan

Dewasa ini budaya diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang dan setiap kelompok orang-orang. Kini budaya dipandang sebagai sesuatu yang lebih dinamis, bukan sesuatu yang kaku dan statis. Budaya tidak diartikan sebagai sebuah kata benda, kini lebih dimaknai sebagai sebuah kata kerja yang dihubungkan dengan kegiatan manusia.


Dari sini timbul pertanyaan, apa sesungguhnya budaya itu? Secara ringkas buku ini memberikan inspirasi perihal budaya organisasi sebagai variabel penting dalam proses membangun konsep dan praktik administrasi publik maupun dalam private sector yang berkaitan langsung dengan masyarakat (society). Di sinilah buku ini menggambarkan secara gamblang konsep dan teori pemikiran budaya organisasi dalam perspektif administrasi publik. Sejalan dengan dinamika global maka peran budaya organisasi maupun administrasi publik menjadi sangat vital dikarenakan terintegrasi dengan kepentingan publik, dengan demikian buku ini pun memberikan kerangka ilmiah dalam memecahkan persoalan-persoalan publik.


Budaya organisasi dan administrasi publik pada hakikatnya berkaitan dengan nilai-nilai secara filosofis, karena setiap orang mempunyai berbagai pengalaman yang memungkinkan dia berkembang dan belajar. Dari pengalaman itu, individu mendapatkan patokan-patokan umum untuk bertingkah laku. Misalnya, bagaimana cara berhadapan dengan orang lain, bagaimana menghormati orang lain, bagaimana memilih tindakan yang tepat dalam satu situasi, dan sebagainya. Patokan-patokan ini cenderung dilakukan dalam waktu dan tempat tertentu. Nilai pada budaya organisasi dalam persepektif administrasi publik setidaknya mempunyai fungsi yaitu nilai sebagai standar dalam organisasi baik dalam proses maupun dalam pencapaian tujuan organisasi dan juga nilai sebagai dasar penyelesaian konflik dan pembuatan keputusan di samping nilai memiliki arti penting dalam mendorong perilaku organisasi yaitu sebagai motivasi bahkan nilai sebagai dasar penyesuaian diri dan nilai sebagai dasar perwujudan diri dan organisasi"


Collection Location

Perpustakaan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah

Detail Information
Series Title
-
Call Number
658 MAN b
Publisher
: Manggu.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
658
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment