Book
Pendekatan Baru Strategi Belajar-Mengajar Berdasarkan CBSA
Strategi belajar-mengajar (SBM) merupakan keseluruhan prosedur yang ditempuh oleh guru dan siswa yang memungkinkan atau memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Strategi apa yang dipilih dan digunakan, pada hakikatnya bergantung pada kemampuan guru sendiri, yang ditandai oleh tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap dan pengalamannya serta bertalian dengan ruang lingkup proses belajar-mengajar umumnya dan strategi belajar-mengajar bidang studi khususnya. Pembekalan para calon guru dan tenaga kependidikan lainnya tentang strategi belajar-mengajar kiranya akan terasa besar manfaatnya, baik untuk meningkatkan kualitas proses belajar siswa maupun mutu hasil pendidikan lulusan. Dasar pikiran ini berpijak pada asumsi bahwa hasil pendidikan ditentukan oleh proses pendidikan, dan tanpa proses pendidikan tak terjadi perubahan tingkah laku siswa. Ini berarti strategi belajar-mengajar yagn merupakan bagian integral proses pendidikan turut menentukan mutu lulusan yang diharapkan. Itu sebabnya, para guru sebagai tenaga profesional hendaknya memiliki bekal dan kesiapan yang memadai agar mampu melaksanakan tugasnya di lapangan atau di sekolah secara efektif. Proses inovasi pendidikan di tanah air berlangsungt dengan cepat dan berkesinambungan yang besar dampaknya terhadap program penyiapan tenaga kependidikan, antara lain dalam bidan sistem penyampaian dan strategi pembelajaran. Sehubungan dengan itu, maka proses ini berangkat dari judul Pendekatan Baru Strategi Belajar-Mengajar Berdasarkan CBSA. Pendekatan ini mulai populer digunakan di sekolah-sekolah kita setelah diselenggarakan uji coba pendekatan CBSA pada beberapa sekolah dasar di Kabupaten Cianjur. Namun, dalam buku ini pendayagunaan tersebut dilaksanakan dalam ruang lingkup yang lebih luas, yang mencakup banyak strategi belajar-mengajar. Tentu saja penerapannya dalam bidang-bidang studi hendaknya disesuaikan dengan tuntutan, kebutuhan, dan kondisi bidang-bidang studi itu sendiri.
Perpustakaan PP-Paud dan Dikmas Jawa Barat