Temukan koleksi favoritmu

tersedia 212.550 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Sejarah Kebudayaan Indonesia jilid 3 : Institusi dan Gerakan

RECORD DETAIL
Back To Previous  XML Detail

Title
Sejarah Kebudayaan Indonesia jilid 3 : Institusi dan Gerakan
Collection Location
Perpustakaan Terpadu Ditjen Kebudayaan
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
978-602-1289-12-9
Author(s)
Subject(s)
Classification
NONE
Series Title
Jilid 3 : Institusi dan Gerakan
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Publishing Year
2015
Publishing Place
Jakarta
Collation
xiii ; 606 hlm
Abstract/Notes
Islam sebagai salah satu ajaran keagamaan hadir di nusantara telah memberi sumbangan besar terhadap kebudayaan indonesia. Islam yang mula-mula disebarkan lewat media dakwah damai dan akomodatif terhadap budaya lokal diterima dengan mudah oleh masyarakat sebagai agama yang membawa kedamaian. Dalam perkembangannya Islam juga memberi warna dan memperkaya corak kebudayaan nusantara.
Dalam perkembangan lebih lanjut pemikiran-pemikiran keislaman yang dihasilkan dari proses pembelajaran di pesantren juga terlihat lebih akomodatif, luwes, dan tidak radikal. Inilah yang kemudian menjadi landasan berfikir organisasi-organisasi keislaman yang lahir dan tumbuh di nusantara, seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persis, dan organisasasi keislaman nusantara lainnya. Organisasi-organisasi tersebut bahkan mampu menjalin hubungan yang dekat dan saling mengisi satu dengan yang lainnya tanpa menonjolkan perbedaan. Bahkan dalam era modern di Indonesia, keberadaan organisasi-organisasi keislaman yang lahir dari bumi nusantara dapat dikatakan sebagai pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
Oleh karena itu dengan terbitnya buku Sejarah Kebudayaan Islam Indonesia, kami menyambut dengan gembira. Buku ini kami anggap penting tidak hanya sebagai bahan referensi kebudayaan Islam di Indonesia, namun juga sebagai bahan diplomasi bangsa Indonesia untuk menunjukkan kehidupan masyarakat muslim Indonesia yang rahmatan lil ‘alamin , Islam yang penuh kedamaian dan mengayomi kehidupan manusia di tengah-tengah maraknya ajaran-ajaran radikalisme yang akhir-akhir ini menjadi kecemasan masyarakat dunia. Demikian harapan kami, semoga penerbitan ulang ini dapat bermanfaat.
Specific Detail Info