Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.576 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Nusa Jawa: Silang budaya (Jaringan Asia) 2 | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

BUKU

Nusa Jawa: Silang budaya (Jaringan Asia) 2


Buku Nusa Jawa: Silang Budaya merangkul keseluruhan sejarah Pulau Jawa sambil menganalisis unsur-unsur dasar kebudayaannya. Penulis merintis sebuah pendekatan yang sangat orisinil - sejenis "geologi budaya" - dengan mengamati berbagai lapisan budaya, mulai dari yang tampak nyata sampai yang terpendam dalam sejarah. Setiap budaya itu diuraikan sejarah perkembangannya, dan diulas unsur masyarakat yang mengembangkannya. Pertama-tama dibahas unsur-unsur budaya modern, yaitu zaman pengaruh Eropa; kedua, unsur budaya yang terbentuk sebagai dampak kedatanga agama islam dan hubungan dengan dunia Cina; dan ketiga, unsur budaya yang dipengaruhi oleh peradaban India.
Indonesia, pulau Jawa khususnya, selama dua ribu tahun sejarahnya, telah menjadi sebuah persilangan budaya: peradaban-peradaban yang terpenting di dunia (India, Cina, dan Eropa) bertemu di situ, diterima, diolah, dikembangkan, dan diperbarui. Untuk serang sejarawan, Pulau Jawa merupakan sebuah contoh yang luar biasa untuk penelitian konsep-konsep tradisi, pengaruh budaya, kesukuan, dan akulturasi.
Bagian kedua ini mengamati lingkungan masyarakat urban, yang muncul pada abad ke-15. Masyarakat dagang itu menjadi saingan berat bangsa-bangsa Eropa, yang sering kali tidak menyadari kekuatannya. Sumber kajian ini antara lain adalah kesusasteraan Melayu untuk peranan agama islam sebagai pembentuk masyarakat baru, dan pendekatan sejarah dan etnografis untuk menilai peranan kaum Cina peranakan.


Collection Location

Perpustakaan Terpadu Ditjen Kebudayaan

Detail Information
Series Title
-
Call Number
959.8 DEN n
Publisher
Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.,
Collation
ix, 365 hlm; ilus 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9796054531
Classification
9598
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
4th
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment