Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.211 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Jawa Tengah | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

BUKU

Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Jawa Tengah


Buku ini merupakan hasil akhir dari suatu rangkaian kegiatan yang sudah direncanakan sejak semula, seperti yang dapat dilihat pada pola penelitian dan kerangka laporan Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah 1971/l978. Mula-mula naskah buku ini disusun oleh tim peneliti di daerah Jawa Tengah, dan pada tahap berikutnya mengalami proses penilaian yang ditangani oleh tim pusat, tenaga ahli, maupun tim peneliti daerah sendiri. Selanjutnya diikuti oleh proses penyempurnaan secara menyeluruh. Pada kegiatan penyempurnaan itu, juga diperhatikan segi bahasa, dengan mengusahakan supaya kalimat-kalimatnya dapat menjadi lebih lugas dan lancar. Sementara itu berbagai istilah diberi pengertian yang lebih umum, demikian pula diusahakan agar sejauh rnungkin mengikuti peraturan bahasa dan cara rnenulis seperti yang terdapat pada ejaan yang disempurnakan. Satu segi yang rnenduduki tempat penting dalam rangka penelitian dan penyernpurnaan naskah ini ialah segi pendekatan yang rnerupakan kriteriurn utarna. Penulisan sejarah daerah dengan menggunakan pendekatan regiosentris, rnerupakan syarat yang sungguh wajar.
Berpegang pada kaidah tersebut, maka dalam buku ini kelihatan bahwa usaha rnengadakan pendekatan secara regiosentris itu sudah dilakukan, sehingga dapat memberi pengertian yang jelas tentang berbagai aspek kehidupan di masa lampau seperti yang pernah terjadi di Jawa Tengah, khususnya rnengenai sejarah kebangkitan nasional. Selanjutnya cara rnenyajikan bahan dengan menggunakan metode berkisah, merupakan cara yang baik, supaya terjadi kornunikasi antara penyusun dengan pernbaca. Cara demikian dapat dirasakan kehadirannya pada naskah ini, sehingga data dan fakta yang diungkapkan tidak terasa lepas-lepas dan berdiri sendiri, tetapi telah diramu dalam suatu kisah yang kait-mengait dengan dasar logis, lancar, dan terbaca. Kernudian perlu dikemukakan bahwa buku ini pada hakekatnya mernpunyai kecenderungan untuk berkualitas sebagai identifikasi data das"r, meskipun di dalamnya terrnuat cukup banyak data dan fakta sejarah daerah J awa Tengah, rnengenai
sejarah kebangkitan nasional, dan yang tersusun dalam suatu kerangka seperti dikehendaki oleh term of reference itu sendiri. Secara keseluruhan buku ini sebagai hasil Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah 1977/1978 dapat diharapkan akan memberi dorongan positif untuk usaha penggalian sejarah di masa depan.


Collection Location

Perpustakaan Terpadu Ditjen Kebudayaan

Detail Information
Series Title
-
Call Number
959.802 SEJ
Publisher
: Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
959.802
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment