Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.158 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Alocasia 78 jenis | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Alocasia 78 jenis


Alocasia merupakan nama untuk kelompok tanaman berdaun indah. Sebutan lokal yang populer di Jawa untuk tanaman ini adalah “ senthe “ atau “ keladi “. Keindahan alocasia tidak hanya terletak pada daunnya tetapi acapkali juga terletak pada rona tangkai daunnya. Alocasia memilki sejumlah jenis bentuk daun yang bervariasi ada yang berbentuk segi tiga besar atau ramping, daun agak membulat, berbentuk hati dan menjari.
Beberapa jenis alocasia tumbuh dengan tinggi bisa mencapai 2 – 4 meter. Habitat alocasia adalah daerah tropis dan subtropis di Asia, Oceania dan Amerika Selatan.
Secara umum alocasia adalah tanaman yang tumbuh dengan sinar matahari yang parsial. Alocasia dapat dibedakan menjadi jenis yang bisa beradaptasi dengan sinar matahari langsung dan jenis yang menyukai sinar matahari secara tidak langsung ( tempat teduh ).
Alocasia tumbuh dengan baik dengan suhu 16°C - 24°C dengan kelembaban 50%. Alocasia menyukai media yang porous tetapi kaya humus. Wadah untuk menanam sebaiknya bisa membuang kelebihan air dengan segera. Repotting dilakukan bila ukuran tanaman sudah tidak sesuai lagi dengan potnya dan jika media tanam sudah tidak porous lagi.
Penyiraman dilakukan sehari sekali pada pagi atau sore hari. Supaya tanaman tumbuh dengan baik maka beri pupuk dengan campuran pupuk daun dan air dengan dosis normal seminggu atau dua minggu sekali.
Hama yang sering menyerang adalah kutu putih / kutu coklat, kutu sisik, ulat, belalng dan keong kecil. Penyakit yang sering menyerang yaitu disebabkan oleh jamur atau bakteri.
Perbanyakan tanaman dilakukan melalui biji, pemotongan batang, pemotongan bonggol dan pemisahan umbi.
Jenis jenis alocasia diantaranya nebula bulan, nebbula elaine, dragon scale, silvery dwarf, bullata, mirrow face, cuprea, clypeolata, longiloba longiloba, longiloba argentea, longiloba argyreia, longiloba bako park, longiloba magnifica, longiloba watsoniana, longiloba putzeysii, longoloba denudata dan lain-lain.


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
635.975 ABD a
Publisher
Yogyakarta : Andi.,
Collation
vi ,90 hlm.; ilus.; bibl.; indeks.; 23 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-0575-5
Classification
635.975
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment