Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Pendidikan multikultural | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Pendidikan multikultural


PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURALISME
Gambaran dunia saat ini terasa semakin sempit. Futurolog John Naisbit dan Alvin Tofler menggambarkan ke- adaan seperti itu. Dunia merupakan suatu kampung besar (global village) sebagaimana yang dikemukakan oleh ahli ko- munikasi Kanada, McLuhan. Di era globalisasi dewasa ini kita tidak dapat melepaskan diri dari kehidupan global. John Naisbit meramalkan juga bahwa di dunia yang terbuka akibat gelombang globalisasi terdapat kemungkin- an lahirnya seribu negara dalam abad 21.Ramalan tersebut bisa saja tepat dan bisa juga meleset. Namun, dalam kehi dupan bangsa-bangsa dewasa ini terdapat kecenderungan ke arah itu. Gelombang demokrasi bukan hanya membawa nilai-nilai positif dalam pengertian penghormatan terhadap hak-hak asasi manusia (HAM) dan eksistensi kelompok ma- syarakat, tetapi juga mengandung bahaya perpecahan suatu negara.
Teori Abraham A. Maslow menyatakan bahwa salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan untuk diakui. Multikulturalisme adalah sebuah ideologi dan sebuah alat atau wahana untuk meningkatkan derajat manusia dan kemanusiaannya. Maka, konsep kebudayaan harus dilihat dalam perspektif fungsinya bagi kehidupan manusia. Berangkat dari kronologi pergulatan wacana tersebut, dapat dipahami bahwa multikulturalisme sebenarnya adalah sebuah konsep di mana sebuah komunitas dalam konteks kebangsaan dapat mengakui keberagaman, perbedaan dan kemajemukan budaya, ras, suku, etnis, agama, dan lain sebagainya. Sebuah konsep yang memberikan pemahaman bahwa sebuah bangsa yang plural dan majemuk adalah bangsa yang dipenuhi dengan budaya-budaya yang beragam (multikultural dan bangsa yang multikultural adalah bangsa yang kelompok-kelompok etnik atau budaya (ethnic and cultural groups -nya yang ada dapat hidup berdampingan secara damai dalam prinsip co-existensi yang ditandai oleh kesediaan untuk menghormati budaya lain. menghormati Gagasan multikulturalisme ini dinilai dapat mengakomodir kesetaraan budaya yang mampu meredam konflik. (NTs)


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.117 CHO p
Publisher
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.,
Collation
xxx,202 hlm.; ilus.; bibl.; indeks.; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
979-2458-67-0
Classification
370.117
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment