Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.017 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Menjadi orang tua efektif : petunjuk terbaru mendidik anak yang bertanggung jawab | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Menjadi orang tua efektif : petunjuk terbaru mendidik anak yang bertanggung jawab


Memahami seluk-beluk hubungan antarmanusia merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam kehidupan bermasyarakat Inilah pernyataan dasar pengarang buku ini, Dr. Thomas Gordon, seorang ahli psikologi Amerika Serikat, yang dipandang sebagai seorang pemimpin gerakan perbaikan hubungan antarmanusia dalam masyarakat maju itu.
Dalam buku ini disoroti hubungan antara orang tua dan anak kenakalan remaja yang kerap kali merusakkan tata tertib sosial erat kaitannya dengan rusaknya hubungan yang serasi antara banyak orang tua dengan anak-anaknya. Sering kali orang tua dituduh karena tidak mampu mendidik dan membentuk anak-anak menjadi anggota masyarakat yang terhormat Namun tuduhan yang sering dilontarkan dalam wawancara pers, khotbah, ataupun seminar dirasakan oleh orang tua sebagai sesuatu yang tidak adil karena kritik-kritik itu tidak disertai dengan petunjuk-petunjuk kongkret bagaimana menjadi orang tua yang efektif.
Buku ini disusun untuk orang tua dalam jaman ini. Diperkenalkan gambaran baru tentang pola hubungan orang tua dan anak, yang cocok dengan semangat jaman sekarang. Diberikan petunjuk-petunjuk praktis sebagai program kerja orang tua menghadapi anak-anak dalam tahap perkembangan ke arah manusia yang dewasa. Informasi dalam buku ini tidak hanya terbatas untuk orang tua, guru, atau pendidik, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa IKIP, jurusan psikologi para pemimpin, para pengusaha, serta siapa saja yang ingin menerapkan pola baru dalam hubungan antarmanusia sesuai dengan teori modern.
Buku ini terutama dibuat untuk orang tua yang ingin meningkatkan ketrampilannya sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, dan sedang mencari metode yang dapat diterapkan secara langsung dalam lingkungan keluarganya. Tujuan dari berbagai ketrampilan yang dapat dipelajari dengan membaca isi buku ini ialah agar orang tua dapat sejak semula menghindari terjadinya permasalahan anak di kemudian hari. Dr Gordon memang pada mulanya membantu orang tua yang anak-anaknya bermasalah, seperti anak yang membolos, yang suka nyontek, yang tidak mau mendengarkan nasihat orang tua, yang minum obat atau sering berkelahi, dan lain-lain kenakalan yang semuanya bukan lagi suatu hal yang asing bagi kita khususnya bagi orang tua yang hidup di kota-kota besar. Namun demikian, isi dari buku ini yang disusun berdasarkan pengalamannya yang bertahun-tahun ternyata juga berguna bagi orang tua yang belum mengalami permasalahan kongkret, tetapi sebagai orang tua merasa perlu pegangan jelas dan pengetahuan mengenai pendidikan anak yang melebihi daripada yang telal dimilikinya teman-teman sejawat. (NTs)


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
158.2 THO m
Publisher
Jakarta : Gramedia.,
Collation
xi,287 .; ilus.; bibl.; index ; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
158.2
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment