Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Fishpreneurship " variasi olahan produk perikanan skala industri & rumah tangga" | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Fishpreneurship " variasi olahan produk perikanan skala industri & rumah tangga"


Variasi olahan produk perikanan skala industri & rumah tangga produk perikanan pada dasarnya lebih aman dikonsumsi daripada produk hewan ternak karena kandungan kolesterolnya lebih rendah. Sebagai bahan pangan, kedudukan ikan menjadi sangat penting, karena banyak mengandung komponen-komponen yang diperlukan tubuh. Baik di negara maju maupun berkembang ikan sangat dibutuhkan manusia. Ikan sangat baik untuk dikonsumsi oleh segala tingkatan usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, ibu hamil, dewasa, bahkan manula. Selain produk segar ikan dapat diolah menjadi variasi olahan dan masakan berbahan baku ikan dengan prinsip surimi based product atau dikenal dengan produk bernilai tambah (value added product). Namun dengan semakin maraknya produk perikanan di pasaran, berlimpahnya produk pada musim tertentu, persaingan usaha yang semakin ketat, kondisi ekonomi yang belum stabil, pasar riil yang tidak kondusif pemenuhan kebutuhan hidup yang semakin sulit, dan longgarnya penegakan hukum oleh aparat menyebabkan produsen produk perikanan seenaknya dalam mengolah produknya, misalnya menggunakan bahan tambahan pangan/pengawet yang tidak direkomendasikan oleh pemerintah sehingga dapat membahayakan kesehatan konsumen. Produsen tidak lagi menghiraukan kerugian kesehatan yang akan diterima orang lain bahkan juga keluarga dan dirinya sendiri. oleh karena itu, Anda sebagai produsen maupun konsumen harus mengenali bagaimana mengolah dan mendapatkan olahan perikanan yang sehat. Buku ini menyajikan panduan praktis untuk peminat di bidang olahan perikanan. Dilengkapi pula dengan kupasan mengenai masalah keamanan untuk mengonsumsi produk olahan perikanan tersebut . Semakin anda terampil mengolahnya, maka anda dapat lebih mendekatkan produk olahan ikan ini kepada keluarga dan masyarakat, serta dapat pula mendatangkan penghasilan PF keluarga. Silakan mencoba!
Produk perikanan berkembang, bahkan baik masyarakat di negara maju. Rupanya mereka telah menyadari produk perikanan (hewan air pada dasarnya lebih aman untuk dikonsumsi dibanding produk hewan ternak (hewan Selain mempunyai kandungan kolesterol lebih tinggi, produk hewan darat juga lebih rentan menyebabkan penyakit bagi manusia, seperti sapi gila, antraks, flu burung, dan sebagainya). Produk pengolahan perikanan sendiri terdiri dari banyak jenis seperti pengeringan, penggaraman, pemindangan, pengasapan, fermentasi, reduksi, ekstraksi dan aneka macam olahan lainnya yang tidak masuk dalam kriteria sebelumnya. Pada masing-masing jenis usaha tersebut masih ada banyak cabang usaha sesuai dengan jenis ikan yang diolah, karakteristik daerah (masyarakat setempat), dan teknologi pengolahan yang digunakan Selain produk di atas, dikembangkan pula berbagai kegiatan yang menstimulasi tumbuhnya variasi olahan dan masakan berbahan baku ikan.(NTs)


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
338.04 CAH f
Publisher
Yogyakarta : Andi.,
Collation
xii , 124 hlm.; ilus.; bibl.; 14 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-2693-4
Classification
338.04
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment