Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Pendidikan karakter berpusat pada hati. "akhlak mulia pondasi membangun karakter bangsa" | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Pendidikan karakter berpusat pada hati. "akhlak mulia pondasi membangun karakter bangsa"


Pendidikan Berpusat pada Pendidikan karakter adalah sebuah keharusan bagi suatu bangsa. Karena bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang mempunyai karakter kuat. Tapi karakter kuat tidak ada artinya bila tidak dilandasi dengan akhlak mulia. Dan bicara tentang akhlak berarti bicara masalah hati. Sedangkan bicara masalah hati, pastilah bicara Al-Qur'an. Karena hanya Allah, melalui firman-firman-Nya, yang paling mengerti persoalan hati manusia. Buku ini sangat menarik dan wajib dibaca siapapun karena mengaitkan pendidikan karakter dengan persoalan hati dalam tinjauan Al-Qur'an. Profil Penulis: DR. Hamka Abdul Aziz, MSi, dilahirkan di Kotabaru, Kalimantan Selatan, 7 Maret 1962. Sejak 1981 hingga sekarang bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Di sela-sela kesibukannya sebagai PNS, Ayah dari 2 orang putra ini sering memberikan tausyiah keagamaan diberbagai tempat. Buku ini adalah buku pertama Penulis.
Tidak ada manusia yang terlepas dari proses dalam buaian sejak bayi dalam kandungan ibunya, kemudian merangkak, berdiri, beralan, berlari, hingga dapat meraih sesuatu. Dalam proses pembelajaran tentunya ada hasil yang diperoleh untuk pendewasaan diri. Proses pembelajaran ini harus dilakukan secara terus-menerus. Belajar adalah aktivitas sangat penting bagi seluruh manusia, karena dengan itu manusia dapat mengetahui, mengerti, dan memahami sesua Pendidikan berasal dari kata "didik." Bila kata ini mendapat awalan "me" akan menjadi "mendidik," artinya memelihara dan memberi pelatihan. Dalam memelihara dan memberi pelatihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan, dan bimbingan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan lebih dari sekadar pengajaran, karena pengajaran hanyalah aktivitas proses transfer ilmu belaka, sedang pendidikan merupakan transformasi nilai dan pembentukan karakter dengan segala aspek yang dicakupnya Melalui pendidikan diharapkan manusia benar-benar menemukan "jati dirinya" sebagai manusia. serta Proses pembelajaran dialamimanusia sepanjang hayatnya. dapat berlaku di mana pun dan kapan pun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran. walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar, menguasai isi pelajaran hingga mencapai suatu tujuan (aspek kognitif, juga dapat mempengaruhi perubahan sikap aspek afektif serta keterampilan seorang peserta didik).(NTs)


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.1 HAM p
Publisher
Jakarta : Al-Mawardi.,
Collation
217 hlm.; ilus.; bibl .; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3862-82-8
Classification
370.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment