Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.341 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran


Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus yang melibatkan aspek pengetahuan perasaan dan tindakan. Menurut (dalam Trianto dikemukakan, tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter akan efektif dan pelaksanaannya pun harus dilakukan se sistematis dan berkelanjutan. Dengan pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi adalahfaktor penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan, karena dengannya seseorang akan dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademik. Sebuah buku yang baru terbit berjudul Emotional Intelligence and School Success (Joseph Zins, al, 2001) berbagai hasil penelitian tentang pengaruh positif kecerdasan emosi anak terhadap keberhasilan di sekolah. Dikatakan bahwa ada sederet faktor risiko penyebab kegagalan anak di sekolah. Faktor-faktor risiko yang disebutkan ternyata bukan terletak pada kecerdasan otak, tetapi pada karakter, yaitu rasa percaya diri, kemampuan bekerja sama, kemampuan bergaul, kemampuan berkonsentrasi, rasa empati dan kemampuan berkomunikasi. Hal ini sesuai dengan pendapat Daniel Goleman tentang keberhasilan seseorang di masyarakat.(NTs)


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.114 SOF i
Publisher
Jakarta : Prestasi Pustaka.,
Collation
x, 262 hlm.; ilus.; bibl.; 24 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-8963-55-8
Classification
370.114
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment