Text
Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran
Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus yang melibatkan aspek pengetahuan perasaan dan tindakan. Menurut (dalam Trianto dikemukakan, tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter akan efektif dan pelaksanaannya pun harus dilakukan se sistematis dan berkelanjutan. Dengan pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi adalahfaktor penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan, karena dengannya seseorang akan dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademik. Sebuah buku yang baru terbit berjudul Emotional Intelligence and School Success (Joseph Zins, al, 2001) berbagai hasil penelitian tentang pengaruh positif kecerdasan emosi anak terhadap keberhasilan di sekolah. Dikatakan bahwa ada sederet faktor risiko penyebab kegagalan anak di sekolah. Faktor-faktor risiko yang disebutkan ternyata bukan terletak pada kecerdasan otak, tetapi pada karakter, yaitu rasa percaya diri, kemampuan bekerja sama, kemampuan bergaul, kemampuan berkonsentrasi, rasa empati dan kemampuan berkomunikasi. Hal ini sesuai dengan pendapat Daniel Goleman tentang keberhasilan seseorang di masyarakat.(NTs)
Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur