Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.160 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Sehat itu pilihan : gaya hidup sehat tanpa repot | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Sehat itu pilihan : gaya hidup sehat tanpa repot


Buku ini membahas mengenai kegunaan nutrisi bagi tubuh, panduan memilih makanan yang sehat, modifikasi menu makanan dan menu diet khusus bagi penderita penyakit tertentu.
Nutrisi digolongkan menjadi dua yaitu nutrisi makro dan mikro. Nutrisi makro adalah nutrisi terpenting untuk menjaga kesehatan seperti karbohidrat, protein dan lemak. Karbohidrat umumnya mempunyai porsi 45% – 60% dari total makan yang kita makan. Protein merupakan sumber kalori yang paling kecil porsinya yaitu 10%-20% dari kebutuhan kalori. Lemak adalah nutrisi yang paling padat kalori dan merupakan sumber energi yang efisien yang berfungsi untuk menjaga kebugaran dan sebagai bantalan organ organ vital .
Nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Penggolongan vittamin dapat dilihat berdasarkan kelarutannya, misal vitamin A,D,E,K adalah vitamin yang larut dalam lemak sedangkan vitamin B dan C merupakan vitamin yang larut dalam air. Jenis jenis mineral antara lain kalsium fosfor, besi, seng, yodium dan lain lain.
Makanan merupakan salah satu faktor penentu kesehatan kita karena tidak sedikit penyakit yang disebabkan oleh makanan yang kita makan. Kualitas makanan sangat tergantung dari bahan makanan yang digunakan . Makanan sehat berasal dari bahan makanan yang sehat pula sehingga pilihlah makanan yang masih segar dan hindari dari bahan makanan yang diolah dengan bahan pengawet yang membahayakan bagi tubuh.
Obesitas atau kegemukan sebagai akibat terlalu banyak makan bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti jantung, stroke, diabet, kanker, sleep apnea. Cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan cara pengaturan kalori yang masuk dan keluar tubuh secara alami. Beberapa tips untuk mengcegah obesitas yaitu hindari lemak dan kurangi karbo dan gula, makan minimal 3 kali sehari dengan porsi sedikit, makan paling akhir tiga jam sebelum tidur, latihan kardio, kurangi makanan gorengan, olah raga pagi, menikmati hidup dan istirahat yang cukup.
Modifikasi menu adalah mengganti bahan pangan atau makanan dengan yang lebih menyehatkan misalnya mengganti margarin dengan mentega, permen dengan kismis, soda dengan air mineral, kopi denga teh, jeroan dengan daging, seafood dengan ikan.
Menu makan untuk diet bagi penyakit tertentu misalnya untuk penderita diabet adalah makanan kaya serat, apel, jeruk, bayam, ikan air dingin ( salmon ), nutrisi khusus adalah buncis dan bawang merah


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
613. SUN s
Publisher
Yogyakarta : Andi.,
Collation
xxvii , 146 hlm.; ilus.; bibl.; 19 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-3124-2
Classification
613
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment