Temukan koleksi favoritmu

tersedia 226.138 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Pachypodium cantik dan eksotis

RECORD DETAIL
Back To Previous  XML Detail

Title
Pachypodium cantik dan eksotis
Collection Location
Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur
Edition
1
Call Number
635.9 HAN p
ISBN/ISSN
979-002-174-7
Author(s)
Anne Nelistya
Handry Chuhairy
Surip Prayugo
Subject(s)
Tanaman Hias
Classification
635.9
Series Title
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
PS
Publishing Year
2007
Publishing Place
Jakarta
Collation
iv,92 hlm.; ilus.;bibl.; 23 cm
Abstract/Notes
Habitat asli pachypodium yaitu padang pasir yang kering. Tanaman ini termasuk famili apocynaceae dan berkerabat dekat dengan adenium
Bentuk batang pachypodium bervariasi yaitu sosok tanaman seperti pohon dan bercabang ( tree like pachycaul ), batang tegak dan lurus ( cereiform ), bonggol bercabang banyak ( shrubby pachycaul ), akar tertanam di dalam tanah ( claudiform ), bonggol melebar ke samping ( cactiform ).
Daun pachypodium tidak bertangkai sehingga melekat langsung pada batang. Pada beberapa spicies permukaan daunnya berambut. Bentuk daun lanset, oval dan keriting.
Tanaman ini memilki bunga majemuk, setiap bunga dilengkapi dengan lima helai kelopak dengan warna beragam. Bentuk bungan terdiri dari funnelform, salverform, campanulate dan rotate.
Buah pachypodium berupa polong berbentuk seperti tanduk dan berwarna coklat tua. Di dalam buah terdapat ratusan biji yang berwarna coklat muda.
Agar tanaman tetap sehat maka harus diperhatikan beberapa hal meliputi wadah penanaman dan media tanam, penyiraman, kondisi lingkungan dan pemupukan.
Wadah penanaman dapat berupa pot tanah, plastik dan keramik yang terpenting terdapat lubang pembuangan air didasar pot. Media tanam sebaiknya tidak terlalu padat , parous atau drainasenya baik, kaya bahan organik, memilki pH 7 – 7,5.
Penyiraman dilakukan setiap hari, dilakukan pada saat cuaca matahari sedang cerah, dilakukan pada seluruh bagian tanaman dan media tanamnya.
Pupuk yang digunakan dianjurkan berupa pupuk kimia yang mengandung hara makro dan mikro yang lengkap, pupuk daun dan hormon pertumbuhan.
Repotting ( penggantian media tanam ) sebaiknya dilakukan setahun sekali
Tanaman pachypodium akan lebih eksotis jika memilki banyak cabang . pembentukan cabang dapat dilakukan dengan cara pemangkasan pada saat pachypodium sedang tumbuh sehngga cabang yang muncul lebih dari satu. Supaya tanaman bertabur bunga maka lakukan pemangkasan cabang pada cabang yang sudah memanjang dengan demikian tunas muda akan tumbuh dan disusul dengan munculnya bunga.
Specific Detail Info