Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.165 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Potensi ayam buras Indonesia | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Potensi ayam buras Indonesia


Ayam buras merupakan hasil seleksi ayam kampung yang telah dikenal sejak dulu. Ternak ayam buras atau ayam kampung merupakan salah satu plasma nutfah yang harus dijaga kelestariannya. Di Indonesia terdapat banyak jenis ayam buras yang diberi nama sesuai dengan asal daerah, besar dan bentuk tubuhnya. Setiap ayam buras tersebut mempunyai karakteristik dan potensi yang berbeda, sehingga sangat baik untuk dikembangkan.
Beberapa jenis ayam buras yang ada di Indonesia antara lain ayam kedu ( berasal dari Kedu , Jawa Tengah ), ayam pelung ( berasal dari Cianjur, Jawa Barat ), ayam nunukan ( berasal dari Tarakan, Kalimantan timur ), ayam buras biasa ( ayam kampung atau ayam sayur ), ayam kampung unggul balitnak ( berasal dari seleksi bibit dari berbagai daerah di Jawa Barat ), ayam kalosi ( hasil rekayasa genetik yang dilakukan di Sulawesi Selatan ), ayam dumbia, ayam kate dan ayam gagak ( disebut juga ayam ketawa berasal dari Sidrap Sulawesi Selatan ).
Sistem pemeliharaan ayam buras bisa dilakukan secara tradisional, semi intensif dan intensif.
Secara tradisional pemeliharaan dilakukan oleh masyarakat di pedesaan, ternak dibiarkan berkeliaran atau dilepas, pakan yang dikonsumsi berasal dari limbah, tingkat kematian tidak diperhatikan dan produksi telur sangat rendah.
Pemeliharaan secara semi intensif dengan cara kombinasi perkandangan dan umbaran. Pakan yang diperhatikan sudah memperhatikan aspek kandungan nutrisinya, tingkat kematian dapat dikurangi sampai 30%.
Pemeliharaan secara intensif dengan cara ayam dipelihara dengan cara dikandangkan sepanjang hari, pakan yang diberikan menggunakan pakan pabrikan, menggunakan mesin tetas untuk menghasilkan anak ayam ( DOC ), tingkat kematian ayam dapat dikurangi sampai 25% produksi telur dapat mencapai 110 butir per ekor per tahun.


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
636. 5 598
Publisher
Yogyakarta : Fishing NB.,
Collation
xiv,96 hlm.; ilus.; bibl.; gloss.; 26 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-262-023-5
Classification
636.5 598
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment