Temukan koleksi favoritmu

tersedia 226.096 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Cara tepat memupuk tanaman hias

RECORD DETAIL
Back To Previous  XML Detail

Title
Cara tepat memupuk tanaman hias
Collection Location
Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur
Edition
1
Call Number
631 RED c
ISBN/ISSN
979-006-133-1
Author(s)
Redaksi Agromedia
Topan
Subject(s)
Tanaman Hias
Classification
631
Series Title
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
Tunas Pub
Publishing Year
2007
Publishing Place
Jakarta
Collation
iv,76 hlm.; ilus.,; bibl; 24 cm
Abstract/Notes
Untuk mengetahui jenis pupuk yang diberikan pada tanaman hias maka harus diketahui terlebih dahulu fase pertumbuhan tanaman yang terdiri dari fase vegetatif dan fase generatif.
Fase vegetatif merupakan fase dimana tanaman baru tumbuh ( masih muda ) sehingga sangat membutuhkan nutrisi yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan akar, cabang dan daun, sehingga dibutuhkan Nitrogen ( N ) yang cukup tinggi, selain itu juga membutuhkan Mg, Mn, Fe dan Zn serta P. Pupuk yang bisa digunakan antara lain Urea, ZA atau pupuk organik. Pupuk yang tepat untuk persemaian antara lain Growmore 10-55-10, Nutrifarm AG dan gardena cair.
Fase generatif tanaman ditandai dengan berkurangnya pertumbuhan daun dan tunas. Pertumbuhan tunas tunas tersebut dapat di pacu pengaplikasian pupuk dengan unsur P untuk membentuk bunga dan buah. Unsur K digunakan agar tanaman tidak terserang hama dan penyakit. Unsur N perlu di kurangi atau dihentikan ketika tanaman memasuki fase generatif. Pemberian pupuk ke akar dan daun sebaiknya dihentikan ketika tanaman sedang berbunga.
Tanaman hias daun membutuhkan dosis Nitrogen( N ) pada komposisi dominan terhadap P₂O₅ ataupun Kalium ( K₂O) ditambah dengan kandungan Magnesium ( Mg ), Sulfur ( S ), Kalsium ( Ca ) dan elemen mikro lainnya.
Tanaman hias bunga ( Tahiba ) membutuhkan jenis dan komposisi pupuk dengan Kalium ( K₂O ) dominan terhadap Fosfor ( P₂O₅ ) tetapi setara dengan kandungan Nitrogen ( N ) ditambah dengan Mg,S,Ca dan elemen mikro lainnya.

by YSR
Specific Detail Info