Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.258 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Tahukah anda fakta buah & sayur yang berbahaya | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Tahukah anda fakta buah & sayur yang berbahaya


Buah dan sayur sesungguhnya merupakan makan bergizi yang dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatannya. Tetapi diantara buah dan sayur yang bermanfaat tersebut ada juga yang berbahaya bagi tubuh terutama jika kita salah dalam mengolahnya atau mengkonsumsi bagian tertentu dari tanaman tersebut.
Buah dan sayur tidak selalu sehat karena umumnya petani menggunakan berbagai pupuk untuk menyuburkan tanaman dan untuk menghindari hama dengan cara menggunakan pestisida yang kadang penggunaannya dilakukan secara berlebihan . Selain itu buah yang berasal dari luar negeri biasanya menggunakan zat pengawet agar buah dan sayur yang dikirim tetap awet dan tampak segar. Biasanya buah dilapisi dengan parafin ( sejenis zat lilin ) agar segar dan renyah.
Dalam buku ini dibahas pula mengenai beberapa jenis buah dan sayur seperti apel , durian, jengkol, ceri, anggur, persik, bintaro, mahkota dewa, kolang kaling, kluwek , padi, singkong, tomat muda, avokad, belimbing, nanas muda, kacang mete, biji jarak, biji kasturi, kopi, coklat, kesemek, srikaya, nangka , rambutan, bayam dan pare, yang selain bermanfaat bagi kesehatan juga mengandung racun yang bisa membahayakan bagi manusia. Contohnya apel selain mampu menangkal berbagai macam penyakit tapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru sangat berbahaya untuk kesehatan gigi karena ternyata buah apel mengandung gula yang sebanding dengan empat sendok teh gula pasir serta mengandung zat asam yang mampu meningkatkan tingkat keasaman mulut. Jengkol yang enak dan bernilai gizi tinggi, mengandung asam jengkolat yang bila dikonsumsi secara berlebihan atau kalau dikonsumsi secara mentah akan menyebabkan keracunan.
Untuk mengatasi racun yang ada dalam buah atau sayuran dengan cara mencuci sayur dan buah di air yang mengalir, buang daun yang terluar dari sayur berdaun, kupas kulit sayur dan buah yang memiliki kulit tebal terutama yang dilapisi lilin, jangan menggunakan detergent atau sabun ketika mencuci buah atau sayur, utamakan memilih buah dan sayur organik.
Ada beberapa cara untuk menghilangkan racun yang terlanjur masuk ke dalam tubuh diantaranya dengan cara meningkatkan asupan vitamin C karena mengandung antioksidan sehingga membantu tubuh memproduksi glutathione senyawa hati yang mampu melenyapkan racun dalam tubuh. Selain itu bisa juga dengan cara minum air kelapa segar untuk membersihkan saluran pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
615.954 HAR t
Publisher
Jakarta : Dunia Sehat.,
Collation
vii,126 hlm.; ilus.; lamp.; bibl.; 24 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-7602-19-9
Classification
615.954
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment