Text
Evaluasi program pembelajaran ; Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik
Evaluasi pada dasarnya sebagai dasar keputusan menyusun kebijakan, maupun program selanjutntya untuk keputusan apakah akan dilanjutkan, diperbaiki, atau dihentikan. Wujud dari hasil evaluasi terutama adalah rekomendasi dari evaluator untuk mengambil keputusan (decision maker)
Kegiatan evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu upaya apapun yang terprogram, tak terkecuali bagi program pembelajaran sebagai bagian dari program pendidikan, direncanakan untuk memperbaiki bidang pendidikan, sedangkan evaluasi mikro sering digunakan ditingkat kelas dan penanggung jawabnya adalah guru untuk sekolah atau perguruan tinggi.
Melaksanakan evaluasi program pembelajaran memang merupakan tugas pokok seorang evaluator dalam menajemen sekolah. Akan tetapi, bukan berarti evaluator saja yang harus memahami model-model evaluasi program pembelajaran. Calon pendidik, para pendidik dan praktisi lain, menawarkan bagian alternatif model evaluasi program bagi kepala sekolah, pendidik, calon pendidik, maupun berbagai pihak yang berkepntingan dengan memanajemen sekkolah dalam mengevaluasi program pembelajaran.
Perpustakaan P4TK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling