Text
Membangun sekolah berbasis kecerdasan majemuk peserta didik
Pengembangan model pengelolaan sekolah berbasis pengembangan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) peserta didik di sekolah diyakini menjadi pedoman dalam mewujudkan tujuan sekolah yang diharapkan. Model ini memiliki rasional, dasar hukum, tujuan, manfaat, persyaratan, yang dapat diimplikasi bagi penyelenggara sekolah berbasis pengembangan Multiple Intelligences peserta didik. Model ini berimplikasi postif karena memberikan langkah-langkah pengelolaan sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan (evaluasi). Implikasi tersebut berupa optimalisasi pengembangan potensi kecerdasan majemuk peserta didik yang akan berdampak kepada prestasi dan penanaman profesi peserta didik di masa datang.
Hasil penelitian ini apabila dilaksanakan secara konsisten, konsekuen, dan dengan komitmen tinggi akan memandu penyelenggaran sekolah berbasis pengembangan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) peserta didik di sekolah dalam mengelola sekolahnya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan guna menjadi sekolah yang benar-benar secara terpadu dan komprehensif dapat mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan kecerdasan majemuk masing-masing. Tentunya dengan melibatkan semua elemen pendidikan mulai dari pemerintah/ yayasan, kepala sekolah, pengawas sekolah, guru,tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat yang berperan aktif untuk mengawal dan menyukseskan program sekolah berbasis pengembangan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) peserta didik.
Perpustakaan P4TK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling