Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.318 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

PAPEDA Kuliner Masyarakat Papua (Studi Pada Masyarakat Sentani Di Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua Dan Suku Moi di Kota Sorong Provinsi Papua Barat",Text" | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

cetakan pertama 2015

PAPEDA Kuliner Masyarakat Papua (Studi Pada Masyarakat Sentani Di Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua Dan Suku Moi di Kota Sorong Provinsi Papua Barat",Text"


Papeda Adalah salah satu makanan khas masyarakat papua yang di hasilkan dari tepung sagu. Sagu adalah makanan pokok masyarakat papua yang menempati wilayah sungai, berawa, pesisir pantai dan danau. Mata pencarian utama mereka adalah meramu sagu menangkap ikan, berburu dan berkebun.

Berdasarkan Jenis Pohon nya masyarakat lokal di papua mengenang dua jenis pohon yaitu pohon sagu berduri dan pohon sagu tidak berduri. Sedangkan untuk mengklasifkasi pohon sagunya setiap suku di tanah papua (Provinsi papua dan papua barat) Memiliki sistem pengetahuan untuk mengklasifikasinya sendiri-sendiri. Khusus wilayah studi mayarakat lokal sentani mengenal 17 spesies sagu dan masyarakat Moi di sorong mengenal 6 spesies sagu.

Cara menebang pohon sagu, menukok dan merems empelur sagu pada kedua wilayah hampir sama, dan hal yang berbeda hanya cara membelah batang sagu, yaitu cara belah pohon sagu pada masyarakat lokal sentani secara vertikal dan pada masyarakat lokal suku moi di sorong di lakukan secara horizontal atau menyamping.

Umumnya dalam budaya orang Papua tepung sagu yang di hasilkan dari pohon sagu dapat di gunakan untuk membuat aneka macam jenis makanan dengan cara masak yang berbeda beda. Khusus untuk orang sentani di jayapura dan suku moi di sorong cara membuat papeda dan penyajian nya sama, hanya peralatan yang mebuat berbeda.

Papeda sebagai salah satu hasil olahan sagu tidak hanya sebagai bahan makanan untuk kebutuhan biologi saja dalam kehidupan orang papua, akan tetapi memiliki nilai sosial, budaya dan ekonomi yang sangat kuat sehingga masih di pertahankan hingga saat ini.
Demi pembangunan banyak lahan yang di tumbuhi pohon sagu habis di babat tanpa memikirkan pohon sagu termasuk jenis tumbuhan yang hidup di papua dan juga berpotensi untuk produksi pangan di papua.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Jawa Barat

Detail Information
Series Title
394. 159 883
Call Number
Indonesia
Publisher
394. 159 883 : 2015.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
Penerbit Kepel Press
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
978-602-356-059-2
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment