Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.495 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Budaya Spiritual Pada Masyarakat Sekitar Makam Sunan Gunung Djati Di Cirebon | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Budaya Spiritual Pada Masyarakat Sekitar Makam Sunan Gunung Djati Di Cirebon


Sunan Gunung jati Merupakan contoh tokoh agama Islam yang sangat dikagumi sebagai salah seorang wali yang ada di Pulau Jawa. Ketokohannya tidak saja di Hormati oleh masyarakat cirebon, akan tetapi oleh masyarakat indonesian pada umumnya.
Penghormatan tersebut tidak hanya semasa beliau hidup, setelah meninggalnya pun makamnya banyak yang mengunjungi pada penziarah yang mendatangi makam sunan gunung jati di Cirebon dengan berbagai alasan yakni, bahwa makam sunan gunung jati mempunyai, "arti" yang bisa memberikan suatu yang di cari oleh para penziarah; serta merupakan tempat yang dapat memberikan kehidupan yang baik. Selain itu makam sunan gunung jati di anggap dapat memberikan keselamatan lahir dan batin. Para Penziarah pun dapat melakukan tafakur guna memperdalam pengasuhan Kehidupan spiritual.
Dari Aspek pariwisata, makam sunan gunung jati merupakan aset potensial untuk wisata spiritual oleh karena di kompleks lingkungan makam sunan gunung jati dikuburkan pula para raja dan bangsawan Cirebon sehingga keterikatan batin antara masyarakat cirebon dan masyarakat lainnya yang meyakini akan kekuatn spiritual dari makam-makam tersebut akan datang mengunjungi kompleks makam tersebut.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Jawa Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
959.821 75
Publisher
Bandung -Jawa Barat : BKSNT Bandung.,
Collation
Lebar 14,5 cm., tinggi 21 cm., tabel, denah makam,
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
979-9462-67-3
Classification
959.821 75
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
cetakan pertama tahun 2015
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment