Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.351 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Barus : Seribu Tahun Yang Lalu | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Barus : Seribu Tahun Yang Lalu


Barus termasuk dalam golongan kota-kota kuno yang terkenal di seluruh Asia sejak sekurang-kurangnya abad ke-6 M. Usaha untuk menyingkap sejarah Barus sudah dilakukan sejak hampir satu setengah abad yang lalu, khususnya di bidang epigrafi dan pembahasan sumber-sumber tertulis. Namun, penelitian di lapangan yang mendalam baru dilakukan pada akhir 1980-an atas usaha Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Kemudian, pada 1995, sebuah program penelitian arkeologi diluncurkan untuk menggali situs Lobu Tua. Program ini merupakan kerja sama antara Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan École française d'Extrême-Orient.

Penggalian ini (1995-1999) menghasilkan banyak temuan: tembikar dari Asia Selatan, keramik Cina, tembikar asal Timur Tengah, kendi dengan bahan halus, tembikar "lokal", kaca, manik-manik, logam, mata uang dan emas, batu dan batu bata.

Temuan-temuan tersebut menunjukkan bahwa Lobu Tua pernah menjadi tempat perdagangan asing pada pertengahan abad ke-9 M yang didirikan oleh pedagang dari India Selatan atau Sri Lanka. Mereka disusul oleh pedagang dari Timur Tengah dan Jawa. Lobu Tua berfungsi sebagai tempat persinggahan dan tempat pemuatan bagi pedagang asing yang mencari bahan baku, wangi-wangian, dan obat-obatan dari pedalaman.


Collection Location

Perpustakaan Museum Nasional

Detail Information
Series Title
Barus : Seribu Tahun Yang Lalu
Call Number
320Hc5
Publisher
Jakarta-Paris : KPG ( Kepustakaan Populer Gramedia ).,
Collation
349 p.; 21 x 29,5 cm.
Language
English - Indonesia
ISBN/ISSN
9789799100924
Classification
Sumatera Utara (Batak, Nias, Mentawai, d
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment