Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Tanaman berkhasiat antioksidan | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Tanaman berkhasiat antioksidan


Kesehatan merupakan bagian sangat penting dalam kehidupan manusia. Secara alami tubuh mempunyai benteng yang dapat mencegah serangan berbagai penyakit yang disebut antioksidan. Kegunaan utama dari antioksidan ialah untuk menghentikan atau memutus reaksi berantai dari radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Beberapa contoh antioksidan yang cukup petensial adalah vitamin E, vitamin C, seng, selenium dan karotenoid.
Radikal bebas adalah molekul atau senyawa yang keadaannya bebas dan ,mempunyai satu atau lebih elektron bebas yang tidak berpasangan . Radikal bebas sangat mudah menyerang sel sel sehat dalam tubuh. Jika tidak ada pertahanan yang cukup optimal maka sel sel sehat tersebut menjadi sakit dan bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti liver, kanker dan alzeimer
Beberapa kiat yang dapat digunakan dalam mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh adalah menghindari sinar matahari langsung, asap rokok, polusi udara serta meningkatkan asupan makanan yang kaya senyawa antioksidan yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah.
Sayuran yang mengandung antioksidan antara lain brokoli , kubis, lobak, wortel, tomat, bayam, cabai, buncis, pare, lenca, jagung, kangkung, takokak, mentimun.
Buah yang mengandung antioksidan antara lain anggur, alpukat, jeruk, kiwi, semangka, markisa, apel, belimbing, pepaya, kelapa.
Tanaman rempah yang mengandung antioksidan antara lain jahe, temulawak, kunyit, lengkuas, temumangga, temuputih, kencur, kapulaga, bangle, temugiring, lada , cengkeh, pala, asam jawa, asam kandis, teh.
Tanaman lainnya yang mengandung antioksidan ubi jalar, kedelai, kentang, keluwak, labu kuning dan pete cina.
Dengan memperkecil waktu kontak dengan sinar matahari dan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan diharapkan tubuh akan terhindar dari terbentuknya radikal bebas.

by YSR


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
615.321 HER t
Publisher
Jakarta : PS.,
Collation
iv,100 hlm.; ilus.; bibl.; 23 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
979-489-841-4
Classification
615.321
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment