Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Pengaruh Sampah terhadap Pelapukan Batu candi Borobudur (Laporan Studi Lanjutan) | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Pengaruh Sampah terhadap Pelapukan Batu candi Borobudur (Laporan Studi Lanjutan)


Hasil analisa cairan sampah menggunakan inframerah menunjukkan adanya asam karboksilat dalam sampel tersebut. Hal ini membuktikan bahwa dekomposisi sampah menghasilkan asam organik yang berupa asam karboksilat.

Jenis asam karboksilat yang diwakili oleh asam oksalat mampu melarutkan unsur Si, Fe dan Mg batu. Konsentrasi asam oksalat 0,25 M dan 0,5 M mampu melarutkan ketiga unsur tersebut. Terbukti dengan hasil analisa menggunakan analisa serapan atom menunjukkan kelarutan tertinggi unsur Si, Fe dan Mg batu berturut-turut adalah 0,124%, 0,516% dan 0,254%. Semakin tinggi konsentrasi asam oksalat dan semakin lama waktu pelarutan, maka jumlah unsur Si, Fe dan Mg batu yang larut semakin besar.

Si mempunyai kecenderungan untuk larut melalui mekanisme pelarutan asam sedangkan Fe mempunyai kecenderungan lebih besar untuk membentuk ikatan kompleks karena Fe merupakan logam transisi. Oleh karena itu dari ke-3 unsur yang dianalisa maka Fe mempunyai kelarutan paling tinggi dalam larutan asam oksalat.

Hasil aalisa serapan atom menunjukkan kelarutan Si dan Mg batu dengan porositas 33,11% (A) lebih besar dibandingkan batu dengan porositas 15,08% (B). Hal ini menunjukkan semakin besar porositas batu maka semakin banyak unsur batuan yang larut oleh asam oksalat. Banyak sedikitnya unsur batuan yang larut akan mempengaruhi kestabilan batu. Asam oksalat dengan konsentrasi 0,25 M dan 0,5 M serta dengan waktu pelarutan 5, 15 dan 30 hari sudah mampu melarutkan unsur-unsur batuan. Bila kondisi ini terjadi di alam dengan waktu yang relatif lebih lama tentu akan menyebabkan batu menjadi rapuh.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 541.3 SWA p
Publisher
magelang : Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.,
Collation
24 hlm; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
541.3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment