Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.296 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Persepsi Pengunjung Terhadap Kenyamanan Berkunjung di Kompleks Candi Borobudur | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Persepsi Pengunjung Terhadap Kenyamanan Berkunjung di Kompleks Candi Borobudur


Kompleks Candi Borobudur, yang terdiri dari Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon, merupakan Warisan Budaya Dunia sekaligus sebagai salah satu ikon pariwisata Indonesia. Sebagai sebuah obyek wisata kelas dunia, tingkat kunjungan kompleks Candi Borobudur, terus meningkat setiap tahunnya. Dalam periode peak season, Candi Borobudur sendiri menerima kurang lebih 48.000 pengunjung perharinya. Walaupun kompleks Candi Borobudur merupakan warisan dunia yang dimanfaatkan sebagai obyek wisata, fasilitas dan pelayanan pengunjung dirasa masih kurang. Cukup banyak keluhan pengunjung yang disuarakan, seperti jam tutup candi yang terlalu mepet dengan jam tutup loket, kurangnya tempat duduk unutk istirahat, dan pengasong yang terkesan memaksa. Beberapa permasalahan tersebut, langsung atau tidak langsung, berdamppak pada kenyamanan berkunjung di Kompleks Candi Borobudur.

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui tingkat kenyamanan pengunjung ketika berkunjung di kompleks Candi Borobudur dan persepsi pengunjung terhadap fasilitas dan layanan yang disediakan. Ruang lingkup kajian ini adalah pengunjung di ketiga candi yang termasuk dalam kompleks candi borobudur, yaitu candi borobudur, candi mendut, dan candi pawon. Data dari kajian ini didapatkan dari pembagian kuesioner kepada pengunjung tiga candi yang dipilih secara acak menggunakan metode simple random sampling. Selain kuesioner, data yang didapatkan juga dilengkapi dengan wawancara singkat tak terstruktur kepada responden selama mengisi kuesioner. Studi banding ke museum-museum di Jakarta juga dilakukan untuk mempertajam kesimpulan dan saran dari hasil kajian ini.

Dari analisis data menggunakan sistem poin, diperoleh tingkat kenyamanan di candi borobudur, candi mendut, dan candi pawon. Untuk variabel aspek kenyamanan dan lama kunjungan, secara keseluruhan, pengunjung candi borobudur berada di tingkat nyaman. Pengunjung candi mendut juga berada di tingkat nyaman, sedangkan di candi pawon, pada tingkat kurang nyaman. Wisatawan domestik mempunyai persepsi nyaman, namun wisatawan mancanegara mempunyai persepsi kurang nyaman. Untuk variabel fasilitas dan layanan wajib, pengunjung candi borobudur secara keseluruhan mempunyai persepsi kenyamanan di tingkat kurang nyaman. Wisatawan domestik mempunyai persepsi nyaman, namun wisatawan mancanegara mempunyai persepsi kurang nyaman. Untuk candi mendut secara keseluruhan pengunjung candi mendut mempunyai persepsi kurang nyaman. Pengunjung candi pawon secara keseluruhan mempunyai persepsi nyaman, sedangkan wisatawan mancanegara berpersepsi sangat nyaman. Untuk variabel fasilitas dan layanan pilihan, pengunjung candi borobudur, mempunyai persepsi nyaman. Perbedaan persepsi di variabel ini terdapat di candi mendut dan candi pawon. Secara keseluruhan , pengunjung candi mendut mempunyai persepsi nyaman, dimana wisatawan domestiknya berpersepsi kurang nyaman, ketika wiatawan mancanegara berpersepsi nyaman. Untuk Candi pawon, pengunjungnya secara keseluruhan mempunyai persepsi nyaman, dimana wisatawan domestik berpersepsi nyaman dan wisatawan mancanegara berpersepsi sangat nyaman.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 910.2 ARD p
Publisher
magelang : BKB.,
Collation
57 hlm; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LS 910.2 ARD p
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment