Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Efektifitas Pembersihan Endapan Garam pada Cagar Budaya Berbahan Batu dengan Resin Penukar Ion | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Efektifitas Pembersihan Endapan Garam pada Cagar Budaya Berbahan Batu dengan Resin Penukar Ion


Material penyusun Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi kalasan tersusun atas batuan dan terletak di lingkungan terbuka sehingga berkontak langsung dengan udara, air hujan, dan sinar matahari. Oleh sebab itu candi yang tersusun dari batuan sangat rentan terhadap kerusakan dan pelapukan. Salah satu pelapukan yang terjadi adalah adanya penggaraman pada permukaan dinding batu. Adannya endapan garam yang bisa menyebabkan pengelupasan pada permukaan dinding candi dapat mengancam kelestarian candi sehingga perlu dilakukan upaya untuk mengatasi permasalahan endapan garam.
Upaya yang telah dilakukan oleh Balai Konservasi Borobudur untuk menangani permasalahan endapan garam adalah dilakukannya kajian untukmencari bahan dan metode yang tepat untuk membersihkanendapan garam yang menempel pada permukaan dinding batu penyusun candi Borobudur. Adapun kajian yang pernah dilakukan adalah, tahun 2010 dengan judul “Metode Konservasi Relef”, hasil penelitian menunjukkan larutan NH4HCO3 dan EDTA serta campuran keduannya memiliki kemampuan melarutkan kalsium (C2) dari endapan garam pada batu relief Candi Borobudur akan tetapi kedua bahan tersebut belum mampu membersihkan endapan garam. Kajian pembersihan endapan garam juga dapat dilakukan kembali pada tahun 2012, kajian ini mengacu pada hasil kajian tahun 2010 yang memfokuskan pada penggunaan bahan EDTA, adapun judul kajian ini adalah “efektifitas EDTA dalam membersihkan endapan garam pada batu Candi” dengan berbagai variasi konsentrasi waktu. Berdasarkan hasil kajian ini EDTA mampu melarutkan kalsium (Ca) , magnesium (Mg), besi (Fe) dan tembaga (Cu) akan tetapi EDTA tidak dapat membersihkan endapan garam/lapisan kerak secara menyeluruh. Berdasarkan hasil kajian tersebut yang tidak dapat membersihkan endapan garam maka dilaksanakan kajian pembersih endapan garam kembali dengan menggunakan resin penukar ion pada Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi Kalasan dengan berbagai variasi waktu serta dilakukan uji banding dengan menggunakan EDTA.
Maksut kajian “efektivitas pembersihan endapan garam pada cagar budaya berbahan batudengan resin penukar ion” adalah mencari metode yang paling tepat untuk menangani penggaraman yang terdapat pada permukaan dinding candi yang material penyusunanya berbahan dasar batu. adapun tujuan dari kajian ini adalah “mengetahui efektifitas resin penukar ion (kation dan anion) dalam mengatasi masalah penggaraman, mengetahui cara pengaplikasian resin penukar ion baik kation maupun anion yang efektif untuk membersihkan endapan garam dan menentukan lama waktu pengaplikasian resin penukar kation dan resin penukar anion yang tepat untuk membersihkan endapan garam
Metode percobaan yang dilakukan dengan resin penukar ion dengan cara penempelan pada permukaan batu yang terdapat lapisan kerak dengan lima variasi pengaplikasian yaitu resin penukar kation-anion, resin anion-kation, resin campur kation + anion sebagai pembanding digunakan control dan larutan EDTA 5% dalam bubur kertas diganti resin penukar ion dengan aplikasi percobaan selama 24 jam, 48 jam dan 72 jam. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa resin penukar ion mampu menukarkan kation berupa kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) maupun anion berupa sulfur (S),akan tetapi resin penukar kation maupun anion belum dapat membersihkan lapisan kerak pada Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Kalasan. Hasil analisis menunjukkan adanya variasi waktu penempelan baik 24 jam, 48 jam, maupun 72 jam tidak menunjukkan perbedaan yang signifkan. Apabila dibandingkandengan larutan EDTA 5% maka ion Ca, Mg dalam lapisan kerak terlarutkan lebih banyak dari pada resin penukar ion dalam menukarkan ion Ca, Mg dalam lapisan kerak.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 544.9 EFE e
Publisher
magelang : BKB.,
Collation
x, 48 hlm; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LS 544.9 EFE e
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment