Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.595 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Hasil Kajian Konservasi Lukisan Goa Prasejarah Di Maros dan Pangkep Sulawesi Selatan Tahap II | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Hasil Kajian Konservasi Lukisan Goa Prasejarah Di Maros dan Pangkep Sulawesi Selatan Tahap II


Dari hasil analisis yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Lukisan dinding pada gua-gua prasejarah telah banyak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh : Kerusakan lukisan tidak terjadi pada pudar/lunturnya bahan/cat yang digunakan untuk melukis tetapi terjadinya pelupasan lapisan pada permukaan batuan dimana lukisan itu dibuat, Tumbuhnya ganggang di permukaan lukisan yang membuat tidak trelihat jelas, Lukisan terhapus oleh aliran air hujan yang melewati lukisan.
2. Kerusakan lukisan yang letaknya dekat mulut gua dan lingkungannya terbuka cenderung lebih besar daripada lukisan yang letaknya tersembunyi dan terlindungi oleh pepohonan.
3. Data curah hujan (1990-2008) menunjukkan bahwa terjadi penurunan curah hujan dari tahun ke tahun. Hal ini menyebabkan penyinaran matahari makin intensif ke bumi sehingga menyebabkan sinar matahari lebih banyak masuk ke dalam gua. Berkurangnya pepohonan di sekitar lingkungan gua menyebabkan tidaknya adanya penyaring/penahan untuk sinar matahari masuk ke dalam gua.
4. Berdasarkan hasil analisis, kerusakan lukisan dinding disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah pelapukan kimia, pelapukan fisik dan pelapukan biologi.
5. Dalam upaya mengantisipasi kerusakan lukisan gua, perlu tindakan penghijauan di sekitar lingkungan gua. Selain itu, juga perlu dilakukan kegiatan monitoring digital secara periodik, yang bertujuan untuk memantau perkembangan kerusakan dan pelapukan lukisan gua dari tahun ke tahun, yang merupakan dasar dalam melakukan tindakan konservasi.
6. Berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap bahan lukisan dinding gua prasejarah, menunjukkan bahwa bahan lukisan dinding gua yang digunakan tidak murni dari satu unsur, tetapi dari beberapa unsur yang saling mempengaruhi. Hasil uji laboratorium, menunjukkan ada bahwa kemungkinan ada 2 unsur yang memberi pengaruh terhadap warna merah yaitu unsur Fe yang jika reoksidasi menjdai Fe2O3 dan unsur Pb yang jika teroksidasi menjadi Pb O


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SUH l
Publisher
magelang : Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.,
Collation
68 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment