Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.557 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Analisis Kualitas Desain Jaring Pemantau Horisontal Candi Borobudur untuk Studi Deformasi (Kala Pengamatan 2011 dan 2012) | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

SKRIPSI

Analisis Kualitas Desain Jaring Pemantau Horisontal Candi Borobudur untuk Studi Deformasi (Kala Pengamatan 2011 dan 2012)


Candi Borobudur adalah bangunan yang memiliki nilai historis dan merupakan warisan budaya dunia. Candi ini berdiri di atas lapisan tanah dan dapat mengalami deformasi pada arah horisontal. Pemantauan deformasi horizontal dilakukan dengan perhitungan dan analisis terhadap data ukuran sudut dan jarak yanng didapat dari pengukuran terhadap jaring pemantauan yang berbentuk poligon tertutup yanng digunakan dalam studi deformasi horizontal.

Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan data pengukuran geodetik berupa jarak dan sudut horisontal pada dua kala pengamatan. Pengukuran kala pengamatan pertama dilakukan pada tanggal 5 Juli 2011, sedangkan pengukuran kala pengamatan kedua dilakukan pada tanggal 13 Juli 2012. Obyek yang diamat dan dikaji pergeserannya berupa titik-titik pantau berjumlah 8 titik pada kedua kala pengamatan. Titik-titik ini tersebar secara merata di halaman dan area sekitar candi. Pengolahan data dilakukan dengan hitung kuadrat terkecil metode parameter. Analisis kualitas desain jaring dilakukan dengan menganalisis elip kesalahan absolut pada masing-masing titik pantau, sedangkan analisis pergeseran horisontal dilakukan secara statistik dan numeris melalui uji pergeseran titik objek.

Berdasarkan pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan, maka didapat suatu hasil dari analisis yang telah dilakukan, maka didapat suatu hasil dari analisis visual elips kesalahan absolut pada titik-titik pantau yang menunjukkan bahwa ketelitian alat saat pengukuran, jumlah titik referensi yang digunakan, dan juga bentuk geometri jaring pengukkuran berpengaruh pada kualitas desain jaring terutama dalam hal tingkat kepresesiannya. Selain itu, pada analisis deformasi horisontal dengan menggunakan tingkat kepercayaan sebesar 95% didapat suatu hasil bahwa terjadi pergeseran horisontal pada titik 2P3 sebesar 8,5 mm dengan arah barat daya


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
SK 526.6 ISK a
Publisher
Yogyakarta : UGM.,
Collation
xvii, 103 hlm; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment