Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.576 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Kuat Geser Batu Candi dengan Tanah Dasar Fondasi Candi Borobudur untuk Analisis Stabilitas terhadap Pengaruh Gaya Gempa | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

SKRIPSI

Kuat Geser Batu Candi dengan Tanah Dasar Fondasi Candi Borobudur untuk Analisis Stabilitas terhadap Pengaruh Gaya Gempa


Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel tanah dan batu dari lokasi Candi Borobudur, selanjutnya dilakukan uji geser langsung untuk mengetahui parameter kuat gesernya yaitu kohesi dan sudut gesek dalam. Hitungan gaya lateral tanah dalam evaluasi stabilitas dilakukan dengan menggunakan metode Coulomb.

Hasil penelitian menunjukkan bahawa sudut gesek dalam antara tanah dengan batu sebesar 34,96, tanah sebesar 38,58, dan batu dengan batu sebesar 40,15. Kohesi yang diperoleh mendekati nol. Analisis stabilitas dilakukan dengan memperhitungkan pengaruh gempa. Analisis stabilitas dengan tinjauan dari kaki candi sampai stupa pusat, dari dinding lorong 1 sampai dinding lorong 4, dan dari dindidng lorong 4 sampai stupa pusat terhadap bahaya geser menghasilkan faktor aman berturut-turut sebesar 3,096, 1,889, dan 3,419 sedangkan terhadap bahaya guling menghasilkan faktor aman berturut-turut sebesar 7,329, 1,149 dan 9,167. Analisis stabilitas terhadap bahaya longsoran masa batu candi dengan tinjauan dari dinding lorong I sampai dinding lorong 4 dan dari dinding lorong 4 sampai dinding teras 3 menghasilkan faktor aman berturut-turut sebesar 1,021 dan 2,042.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
SK 930.1 SUP k
Publisher
Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.,
Collation
70 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment