Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.535 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Relief Cerita Binatang di Candi Borobudur sebagai Sarana Pendidikan Moral | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Thesis

Relief Cerita Binatang di Candi Borobudur sebagai Sarana Pendidikan Moral


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori etnoarkeologi. Data dikumpulkan dengan metode kepustakaan dan lapangan meliputi observasi. Tahap analisi data dilakukan dengan metode reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Reduksi data dilakukan dengan memisahkan relief umum dengan relief jenis binatang. Penyajian data dilakukan sekaligus dengan analisis data.

Hasil analisis menunjukkan, bahwa relif cerita binatang di Candi Borobudur bersumber dari Kitab Jatakamala. Analisis relief cerita binatang dipilih yang menaruh binatang sebagai peran utama. Adapun pesan moral yang terkandung yaitu : Kemuliaan belas kasih yang dimiliki manusia akan membawa perbuatan yang mendatangkan kebajikan bagi semua makhluk; dalam mengarungi kehidupan hendaknya manusia rela berkorban bagi orang-orang yang sangat membutuhkan pertolongan; hendaknya orang harus giat dalam melaksanakan dana atau amal kebajikan karena hidup adalah pengorbanan untuk menolong sesama; orang yang berdoa dengan sungguh-sungguh memohon kepada Yang Maha Kuasa maka doanya itu akan dikabulkan; kekuatan kata-kata atau ucapan yang mengandung kebenaran tidak dapat dikalahkan olh kekuatan apapun; hendaknya seseorang bisa menahan diri; baik dalam berperilaku maupun berbicara


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
TS 930.1 IST r
Publisher
2008 : Universitas Negeri Semarang.,
Collation
128 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment