Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.535 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Pengaruh Bentuk dan Ukuran Kristal Perak Bromida (AgBr) dalam Emulsi Film terhadap Sensitifitas Film Sinar X | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

SKRIPSI

Pengaruh Bentuk dan Ukuran Kristal Perak Bromida (AgBr) dalam Emulsi Film terhadap Sensitifitas Film Sinar X


Sensitifitas film sinar x tergantung pada kandungan perak bromida (AgBr) yang merupakan unsur penyusun utama film sinar x. Tingkat sensitifitas film sinar x terhadap radiasi dapat diukur dengan metode sensitometri cahaya sinar tampak. Pada metode ini film sinar x diekspose dengan sinar tampak yang intensitasnya diatur sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan tingkatan densitas yang berbeda. Perak bromida (AgBr) dalam emulsi film sinar x berbentuk butiran, yaitu butiran globular dan tabular. Masing-masing bentuk butiran AgBr akan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap sensitifitas film sinar x.

Sensitifitas film sinar x pada penelitian ini diukur dengan metode sensitometri cahaya sinar tampak, kemudian dilakukan pengukuran densitas optik radiograf hasil keluaran sensitometri menggunakan densitometer. Mikrograf bentuk AgBr diamati dengan menggunakan scanning electron microscope.

Hasil penelitian menunjukkan bentuk AgBr pada film A adalah T-Mat Emulsions, dengan variasi ukuran (2,5-7,92 um). Bentuk AgBr Film B adalah heterogen tabular dan globular, dengan variasi ukuran (4,17-13,3 um). Bentuk AgBr pada Film C adalah ST Emulsions dengan ukuran 9,09 um). Bentuk bahwa Film A paling sensitif karena bentuk AgBr homogen, terdapat penambahan optical sensitizing dye, dan ukuran butir AgBr paling kecil (2,5-7,92 um) sehingga akan mengakibatkan jumlah radiasi yang lolos lebih sedikit.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
SK 544.9 KHR p
Publisher
Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.,
Collation
40 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
544.9
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment