TUGAS AKHIR
Pengembangan Model 3D untuk Disain Candi Menggunakan Program Blender (Studi Kasus Candi Borobudur)
Pengembangan model tiga dimensi (3D) dari sebuah objek nyata sudah banyak dilakukan terutama pada objek-objek yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari termasuk bangunan. Terdapat banyak candi di Indonesia dan yang paling terkenal adalah Candi Borobudur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Pemodelan 3D Candi Borobudur yang dilakukan menggunakan Blender (3D design free and open source software) meliputi beberapa bagian candi : stupa, arca, langkan, dan gapura, yang disusun di atas banguna utama berbentuk punden berundak.
Bagian utama Candi Borobudur meliputi 3 bagian yaitu kamadhatu (paling bawah), rupadhatu (bagian tengah), dan Arupadhatu (bagian paling atas). Pemodelan bagian kamadhatu hanya meliputi struktur bangunan penutup relief yang telah ditutup dengan pemberian tekstur sederhana. Pada bagian rupadhatu yang terdiri atas 4 lantai, model 3D meliputi susunan langkan di bagian pinggir tiap lantai, arca Buddha di dalam langkan, dan pembuatan texture relief cerita pada bagian dalamnya. Bagian Arupadhatu hanya meliputi susunan stupa lubang kotak yang seharusnya terdapat arca Buddha tidak diletakkan arca Buddha untuk menghemat penggunaan resource program.
Dengan memanfaatkan Blender Game Engine, kamera diatur sedemikian rupa untuk menjelajahi model 3D Candi Borobudur tang telah disusun sesuai dengan bentuk aslinya. Penggunaan game masih harus membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup bagus dalam hal grafis karena resource grafis yang digunakan sangat banyak pada model 3D dan texture
Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur