Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Kegiatan Studi Teknis Konservasi Situs-Situs Megalitik di Kabupaten Kerinci | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Kegiatan Studi Teknis Konservasi Situs-Situs Megalitik di Kabupaten Kerinci


Berdasarkan bentuknay bangunan megalitik di Kabupaten Kerinci terdiri dari batu lumpang, batu berelief, batu datar dan batu silindrik. Dari beberapa megalit tersebut sebagian besar merupakan batu silindrik dengan beberapa variasi bentuk, diantaranya berbentuk batu panjang pipih dan polos tanpa hiasan dengan patahan di tengahnya atau batu bulat panjang polos yang mengecil di bagian ujungnya juga dengan patahan di tengahnya, batu bulat berprofil menyerupai gong dan batu bulat memanjang yang hampir simetris. Kedua yang disebut terakhir biasanya memiliki hiasan atau berelief.

Lokasi megalit tersebut umumnya berada di atas bukit atau di tempat yang lebih tinggi dari lingkungan sekitar. Bahan dasar megalit ini juga berasal dari jenis batuan yang berbeda-beda diantaranya dari jenis batuan beku sebanyak 8 (delapan) situs dan jenis batuan sedimen 2 (dua) situs.

Kondisi keterawatan BCB umumnya hampir sama, yaitu ditemukannya akumulasi debu yang tinggi dan vandalisme. Pelapukan oleh organisme seperti moss, lichen dan algae, juga ditemukan hampir di semua objek dengan tingkat yang berbeda. Sementara pada situs Lempur Mudik selain hal-hal tersebut juga ditemukan adanya serangan serangga. Vandalisme yang ditemukan berupa coretan dengan menggunakan arang, dan cat, goresan dan tebasan benda tajam, serta akumulasi sampah bekas makanan.

Kondisi fasilitas pendukung seperti pagar dan cungkup juga berbeda-beda, beberapa situs seperti situs Kumun, Situs Lolo Gedang, Situs pondok, dan Situs Jujun masih cukup bagus. Namun pagar dan cungkup pada situs lain seperti Situs Lempur Mudik, Situs Muak, Situs Lolo Kecil dan Situs Pulau Sangkar pada bagian-bagian tertentu telah mengalami kerusakan, pengelupasan cat dan bahkan ada bagian tertentu yang hilang


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 BAL l
Publisher
Jambi : BP3 Jambi.,
Collation
iii, 42 hlm ;29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
iii, 42 hlm; 29 cm.
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment