Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.341 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Kajian Struktur Permukaan Halaman Candi Borobudur dan Korelasinnya Dengan Keausan Batu Tangga | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Kajian Struktur Permukaan Halaman Candi Borobudur dan Korelasinnya Dengan Keausan Batu Tangga


Struktur permukaan halaman candi pada kondisi sekarang diberi lapisan berupa pasir, dengan sistem drainase yang dibuat sedemikian sehingga aliran air yang keluar lewat bukit tidak membawa material pasir tersebut. Dampak negatif yang diakibatkan oleh penggunaan pasir sebagai lapisan permukaan atas halaman candi adalah keausan batu pada batu tangga candi.

Kajian mengenai korelasi antara struktur permukaan halaman candi dengan keausan batu tangga candi Borobudur dilaksanakan untuk mengetahui besarnya pengaruh hubungan tersebut terhadap keausan batu tangga dan batu lantai candi Borobudur.

Metode penelitian dilakukan dengan menghitung nilai gesekan berdasarkan beban pengunjung per orangnya dan juga dilakukan dengan pengujian nilai kekesatan permukaan batu dengan membandingkan berdasarkan umur batu yang ada pada candi Borobudur.

Dari perhitungan nilai keausan berdasarkan beban pengunjung didapatkan hasil bahwa pada tangga naik dari tahun 2003 sampai 2007 terjadi tingkat keausan sebesar 0,7 cm, dan untuk tangga turun (sisi utara, selatan dan barat) dari tahun 2003 sampai 2007 kenaikan tingkat keausan pertahunnya sebesar 0,8 cm.

Dari hasil uji kekesatan permukaan dengan Skid Pendulum Resistance dapat diketahui bahwa nilai kekesatan permukaan candi Borobudur ada pada nilai aman, namun untuk batu tangga, batu dengan asumsi umur 24 tahun yaitu batu yang dipasang pada saat pemugaran mempunyai nilai aman yang kritis dengan nilai skid resistance sebesar 37 BPN


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 BRA k
Publisher
magelang : Ministry of Culture and Tourism Republic of Indonesia.,
Collation
36 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment