Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Penelitian Tanah Lempung Sebagai Bahan Aplikatif Pada Atap Bangunan Candi Kidal Kabupaten Malang Jawa Timur | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Penelitian Tanah Lempung Sebagai Bahan Aplikatif Pada Atap Bangunan Candi Kidal Kabupaten Malang Jawa Timur


Batuan sedimen menutupi hampir 75% permukaan bumi, sedang pelamparan secara volume hanya berkisar 5% dari seluruh total volume batuan sedimen di bumi sebanyak 17%. Kelimpahan mineral lempung yang banyak ini sangat potensial untuk dipergunakan dan dikembangkan, dipelajari bagi kepentingan budaya manusia.

Genesa pembentukan mineral lempung yang sangat kompleks, serta aspek-aspek yang menyatu dan membentuk suatu karakteristik sifat yang khas antara lain sifat plastis, thixotropy, kemampuan flokulasi dan deflokulasi, susut kering karena perubahan suhu dan lain-lain, sangat mendukung sebagai bahan bakku industri, pembuatan bata, tembikar, gerabah dan material loging pertambangan.

Struktur yang beraneka ragam, kemampuan pertukaran ion yang bervariasi, jarak antar lapisan lembaran, jenis ikatan antar atom dan lain-lain, memunculkan klasifikasi yang beraneka ragam jenis mineral lempung.

Identifikasi mineral lempung dengan difraksi sinar-X, diferensial thermal analisis, analisa kimia, penyerapan warna, dan pengamatan dengan mikroskop baik secara fisik dan petrologi adalah metode yang paling baik untuk menganalisa dan mengembangkan penelitian mineral lempung


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 691.4 SOE l
Publisher
magelang : Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.,
Collation
18 hlm; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
691.4
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment