Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.200 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Kinerja Sistem HDS 3000 Laser Scanner untuk Perekaman Topografi Bangunan Candi Batu | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Kinerja Sistem HDS 3000 Laser Scanner untuk Perekaman Topografi Bangunan Candi Batu


Tujuan studi ini adalah mengaplikasikan alat laser scanner HDS 3000 untuk merekam data topografi atau rona/muka Candi Garuda. Pengukuran dilakukan menggunakan laser scanner HDS 3000 dengan memilih 5 titik stasiun perekaman. Dalam perekaman data dilakukan dengan menggunakan sampel spasi antara 4 mm - 9 mm dengan jarak 5 m - 10 m. dari hasil perekaman data diperoleh 5 buah data ScanWorld (SW) yang masing-masing memiliki pertampalan sebagai syarat dalam registrasi (koreksi geometrix). Registrasi data dilakukan menggunakan metode target to target secara bertahap.

Dalam proses registrasi digunakan parameter transformasi koordinat yaitu translasi, rotasi, dan skala. dari hasil registrasi diperoleh data parameter translasi pada arah sumbu X antara 1,39 m - 21,909 m. Pada arah sumbu Y antara 13,429 m - 25,796 m. Sedangkan rotasi pada arah sumbu Z berkisar antara 0,025 m - 0,117 m. parameter skala sama dengan 1 menunjukkan tidak ada perubahan ukuran dalam proses transformasinya. Error (kesalahan) yang terjadi dari hasil proses registrasi beberapa ScanWorld maksimum sebesar 5 mm. Sedangkan nilai toleransi kesalahan hasil registrasi adalah 6 mm. Dengan demikian data yang diperoleh dalam proses perekaman data tersebut memenuhi syarat akurasi.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 526.9 KIN k
Publisher
magelang : Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.,
Collation
40 hlm; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
526.9
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment