Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Hasil Survei Konservasi 1. Kertha Gosa (Bali) 2. Gua Leang-Leang Maros (Sulawesi Selatan) 3. Makam Raja Latenriruwa, Bantaeng Sulawesi Selatan | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Hasil Survei Konservasi 1. Kertha Gosa (Bali) 2. Gua Leang-Leang Maros (Sulawesi Selatan) 3. Makam Raja Latenriruwa, Bantaeng Sulawesi Selatan


Dalam survei tersebut telah dikaitkan pengumpulan data untuk menjajagi masalah konservasi peninggalan purbakala di daerah-daerah tersebut, terutama yang dinilai sangat urgen dan ditinjau dari tingkay kerusakannya mendesak untuk segera ditangani. Bangunan Kertha Gosa di Klungkung, Bali yang kebetulan dipergunakan untuk bahan simposium dari hasil observasi diketahui menghadapi masalah konservasi kayu yang cukup berat.

Sementara itu Gua Leang-Leang di Maros dan Jirat dari makam Raja Latenriruwa di Bantaeng, keduanya di Sulawesi Selatan juga perlu segera dikonservasi. Masalah yang sangat serius dari Gua Leang-Leang adalah kondisi lukisannya yang hampir musnah karena banyak yang mengelupas. Sedangkan Jirat Raja Latenriruwa yang terletak didalam kompleks Makam Kuno di Bantaeng sudah sangat aus, bahkan banyak kegiatan bagian berelief yang sudah menjadi rata. Memang kompleks ini baru saja diresmikan pemugarannya pada tanggal 10 - 11 Agustus, tetapi masalah konservasi batunya belum ditangani sepenuhnya.

Untuk bangunan Kertha Gosa dan Jirat makam Raja Latenriruwa konservasi yang disarankan sudah dapat langsung diterapkan. Tetapi untuk Gua Leang-Leang perlu diadakan percobaan lapangan untuk menguji dan memilih beberapa alternatif metode konservasi yang disarankan. Hal ini disebabkan karena Gua Leang-Leang bukan merupakan struktur bangunan buatan, sehingga faktor ekstrinsik yang terdapat pada bukit dan llingkungannya menyatu dengan faktor intrinsik dari gua dengan lukisannya.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SAM l
Publisher
Jakarta : Seksi Laboratorium Dir.Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala.,
Collation
25 hlm; 32 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment