Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Penelitian Pendahuluan Konservasi Candi III Gedong Songo Jawa Tengah | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Penelitian Pendahuluan Konservasi Candi III Gedong Songo Jawa Tengah


Candi III merupakan salah satu gugus candi dari kompleks percandian Gedong Songo yang saat ini sedang dipugar. Pada waktu kami melakukan penelitian ditempat pada tanggal 7-1-1980, sudah sebagian besar batu-batu candi tersebut selesai dibongkar. Batu-batu yang sudah dibongkar, seperti biasanya disusun kembali di atas tanah sesuai dengan susunan semula untuk memudahkan pemasangannya kembali.

Candi III ini, yang atapnya sudah tidak lengkap lagi sehingga berlobang di atas ruangan, mempunyai ukuran panjang dan lebar dasar candi masing-masing 6,25 m dan 5,90 m dengan ketinggian lebih kurang 6 m. Sedang ukuran tiap batu rata-rata (pxlxt)=40x25x15 cm.

Menurut pelaksana pemugaran candi III ini, cara-cara yang akan diterapkan untuk memugar candi tersebut adalah cara tradisional seperti lazimnya yang dilakukan seperti pada candi IV, yang telah dipugar yaitu antara lain dengan memasang pondasi dari pasangan batu kali dengan beton plat sebagai pendukung candi keseluruhan, serta sloof, kolom dan balk beton bertulang pada kaki, tubuh serta atap candi. Sedang untuk mengkaitkannya batu satu dengan lainnya, seperti biasanya, diantara nat-nat batu dicor dengan semen halus setelah pada permukaan nat tersebut ditutup dengan lempung.

Setelah beberapa lama dibongkar, ternyata sebagian besar batu-batu candi tersebutu yang sebelumnya dalam keadaan utuh dan masih kokoh, kemudian menjadi rapuh dan pecah-pecah. Untuk itu Pemimpin Proyek Pemugaran Candi Gedong Songo telah minta bantuan kepada Proyek Pemugaran Candi Borobudur untuk meneliti problema tersebut beserta langkah-langkah konservasinya.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SAM l
Publisher
magelang : Proyek Pemugaran Candi Borobudur.,
Collation
27 hlm; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment