Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Pembinaan Konservasi Prasasti Blanjong di Desa Sanur, Kabupaten Badung Bali | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Pembinaan Konservasi Prasasti Blanjong di Desa Sanur, Kabupaten Badung Bali


Prasasti Blanjong merupakan peninggalan sejarah dan purbakala yang sangat penting dan mempunyai nilai arkeologis sangat tinggi, tidak hanya sebagai wahana peninggalan tertulis tetapi juga sebagai monumen yang bentuknya unik. Sebagian tulisan sampai sekarang belum dapat dibaca dan ditafsirkan secara tuntas. Oleh karena itu sudah sewajarnya prasasti Blanjong dilestarikan sebaik-baiknya.

Upaya pelestarian telah dilakukan sejak tahun 1961, dengan dibuatkannya bangunan pelindung. Namun demikian, karena struktur susunan dan bangunan pelindung belum memenuhi persyaratan teknis, proses pelapukan batuan masih berlangsung. Proses tersebut telah dipacu oleh faktor lingkungan geotopografis serta struktur sumuran dengan penutupnya. Bagian atas prasasti yang terbuka telah mengalami pelapukan berupa keausan yang serius selama ini, mencapai kurang lebih 2 mm.

Konservasi Prasasti Blanjong dan perbaikan lingkungan yang dilaksanakan sekarang ini dimaksudkan sebagai langkah penanggulangan kerusakan dan pelapukan tersebut, sekaligus sebagai upaya pencegahan agar pelapukan serupa tidak terjadi lagi dikemudian hari.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SAM l
Publisher
Jakarta : Proyek Pelestarian dan Pemanfaatan Peninggalan Sejarah dan Purbakala.,
Collation
15 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment