Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.190 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Studi Teknik Kamuflase pada Batu dan Bata | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Studi Teknik Kamuflase pada Batu dan Bata


Studi teknik kamuflase yang dikerjakan selama ini diharapkan memperoleh metode teknik kamuflase yang tepat dan selaras, oleh karenanya dibuat berbagai macam komposisi/formula bahan yang diperkirakan mendekati keselarasan dan ketepatan dari tujuan dilaksanakannya studi. Dari hasil penelitian selama ini ternyata penggunaan bahan perekat juga harus diteliti sifat fisik dan kimianya, karena sifat ini juga mempengaruhi bahan dasar material yang akan dikamuflase, sebagai contoh adalah penggunaan lem fox (PVac) tidak diharapkan untuk dipergunakan karena bahan ini mudah terpengaruh oleh faktor iklim, karena bersifat termoplastik.

Penggunaan perekat Euroland FK 20 adalah yang terbaik, namun perlu diperhatikan karakteristik bahan perekat dan metode serta waktu pot life dari campuran untuk mendapatkan keselarasan warna harus mempergunakan "feeling" yang tepat, selain faktor kecakapan teknis. Untuk material bahan dasar bata, Euroland FK 20 tidak begitu baik dipergunakan.

Bahan perekat semen sangat baik dipergunakan untuk kamuflase bahan dasar berupa batu pasir tufaan dan bata sedang untuk batu andesit kurang begitu baik. Hal ini disebabkan terjadinya genesa batu andesit dengan temperatur tinggi sehingga komponen mineralnya masih dibandingkan dengan batu bata dan batu pasir tufaa.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SOE s
Publisher
magelang : Balai Konservasi Peninggalan Borobudur.,
Collation
27 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment