Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.495 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Studi Kelayakan Arkeologi di Indonesia | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Studi Kelayakan Arkeologi di Indonesia


Sementara para ahli arkeologi memeras tenaga dan pikirannya guna memahami masyarakat dan kebudayaan Indonesia yang diperlukan untuk pembangunan mental/spiritual bangsa, di pihak lain hampir semua proyek pembangunan besar atau kecil secara sadar atau tidak telah merusak data arkeologi. Sementara para ahli arkeologi berusaha mengamankan peninggalan purbakala, baik untuk kepentingan penelitian, pembuktian kemampuan bangsa, pendidikan dan pariwisata, di lain pihak proyek-proyek pembangunan fisik belum sadar bahwa kegiatannya dapat menghambat usaha memahami identitas bangsa. Karena itu upaya memasyarakatkan masalah distruktif ini perlu makin diarahkan kepada para pemegang kunci kebijaksanaan.

Proyek-proyek pembangunan terus melaju sesuai dengan program-program nasional, akan tetapi hendaknya pembangunan fisik yang dilaksanakan tidak menghambat usaha pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Data arkeologi tidak lain adalah sumber sejarah bangsa yang tidak dapat dicipta lagi, namun kegiatan arkeologi tidak boleh pula menghambat pembangunan fisik, karena itu dalam tingkat tertentu mungkin suatu jalan tengah harus dapat ditempuh jika terjadi perbenturan pendapat.

Beberapa proyek arkeologi yang diadakan di situs arkeologi sendiri ternyata kurang mengindahkan kaidah-kaidah baku dalam ilmu arkeologi. Karena itu SKA yang benar perlu dijadikan landasan bagi pengambilan keputusan sebagaimana layaknya suatu 'action research'


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 MUN s
Publisher
: .,
Collation
15 hlm; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment