Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.341 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

798. Strukturalisme Levi-Strauss Mitos dan Karya Sastra | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

798. Strukturalisme Levi-Strauss Mitos dan Karya Sastra


Buku ini boleh dikatakan merupakan buku pengantar pertama yang cukup komplit bukan hanya mengenai pemikiran-pemikiran Levi-Strauss saja tetapi juga mengenai cara analisis strukturalnya terhadap mitos-mitos orang Indian Amerika Serikat, yang ditulis oleh seorang antropolg Indonesia. Dalam buku ini diuraikan dengan rinci dan sistematis asumsi-asumsi dan model-model yang menjadi dasar analisis struktural Levi-Strauss atas mitos, serta tahap-tahap analisis strukturalnya.
Berbeda dengan kebanyakan buku tentang teori-teori dalam ilmu sosial yang hanya menguraikan teori-teori tanpa disertai dengan contoh analisis dan penerapan teori, dalam buku ini Heddy Shri Ahimsa-Putra tidak hanya menjelaskan paradigma struktural dari Levi-Strauss tetapi juga menunjukan strategi analisis strukturalnya sendiri yang sangat banyak diilhami oleh paradigma tersebut. Di sini Ahimsa-Putra juga mengajak kita untuk menyelami batin sosial orang Bajo lewat sebuah dongeng Bajo Pitoto' si Kayam yang sangat kental nuansa Jawanya, Sri Sumarah, Bawuk dan Para Priyayi, serta memahami bagaimana kira-kira proses sinkretisasi agama Islam di kalangan orang Jawa berlangsung di masa lalu dan kini, dengan cara menganalisis fragmen-fragmen tertentu dari kitab klasik orang Jawa, Babad Tanaha Jawi.
Sebagaimana keinginan penulisnya, buku ini memang diharapkan akan dapat melahirkan gagasan, membuka wawasan dan wacana baru tentang fenomena kebudayaan di Indonesia, serta "dapat memperluas cakrawala batin kita dalam memandang dan memahami peristiwa sehari-hari di sekeliling kita.


Collection Location

Perpustakaan BPCB Banten

Detail Information
Series Title
-
Call Number
809.AHI.a
Publisher
Yogyakarta : Galang Press.,
Collation
Lebar 15 cm, Tinggi 21 cm, 416 Halaman
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9799341248
Classification
809
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
1 Eksemplar
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment